Kamis 04 Mar 2021 17:29 WIB

Stellantis Berencana Produksi Mobil Listrik

Semakin banyak produsen mobil yang menargetkan line-up listrik sepenuhnya pada 2030

Rep: mabruroh/ Red: Hiru Muhammad
Logo Stellantis
Foto: Groupe PSA
Logo Stellantis

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS--Dua perusahaan produsen mobil dunia, Peugeot PSA dan Fiat Chrysler (FCA) berkolaborasi melahirkan perusahaan otomotif Stellantis. Kolaborasi keduanya, menurut Kepala Eksekutif Peugeot, Carlos Tavares, untuk memberikan pengaruh dan berlomba memproduksi lebih banyak kendaraan listrik.

Stellantis sebagai produsen otomotif terbesar keempat dunia, sekarang memiliki 14 merek mobil, termasuk di antaranya Opel, Jeep, Ram dan Maserati. Menurut Tavares, persediaan mobil global yang rendah dan pemotongan biaya akan membantu meningkatkan margin keuntungan tahun ini, meskipun pembuat mobil itu juga melihat lebih dari sekedar penghematan."Ini bukan penggabungan krisis," katanya dalam konferensi analis dilansir dari Reuters, Kamis (4/3).

“Ini adalah merger yang akan membuka peluang baru bagi perusahaan yang sehat, dengan orang-orang berbakat yang tidak ingin tersudut dalam posisi warisan,” lanjutnya. Stellantis bertujuan untuk memberikan penghematan lebih dari 5 miliar euro setahun melalui merger, serta meningkatkan untuk menghadapi tantangan industri.

Produsen mobil berlomba untuk mengembangkan kendaraan listrik untuk memenuhi target emisi CO2 yang lebih ketat di Eropa. Minggu ini Volvo akan mengembangkan kendaraan listrik dalam skala besar dan semakin banyak produsen mobil yang menargetkan line-up listrik sepenuhnya pada 2030 mendatang.

Stellantis berencana memiliki versi full-electric atau hybrid dari semua kendaraannya yang tersedia di Eropa pada 2025. Secara umum rencana ini sejalan dengan rival teratas seperti Volkswagen dan Renault-Nissan.

Kelompok tersebut mengatakan, pasar AS telah mendorong keuntungan selama bertahun-tahun di FCA dan sebagai bagian terkuat dari Stellantis. Produsen mobil itu menargetkan margin laba operasi yang disesuaikan sebesar 5,5 persen hingga 7,5 persen tahun ini.

Itu dibandingkan dengan marjin agregat 5,3 persen tahun lalu: 4,3 persen di FCA dan 7,1 persen di PSA tidak termasuk saham pengendali di pembuat suku cadang Faurecia, yang akan dipisahkan dari Stellantis segera.

Industri ini sedang terjepit oleh kekurangan semikonduktor global terkait Covid-19, yang digunakan untuk segala hal mulai dari memaksimalkan penghematan bahan bakar mesin hingga fitur bantuan pengemudi.

"Masalahnya mungkin tidak sepenuhnya terselesaikan pada paruh kedua 2021, karena beberapa saingan otomotif telah menandai, menggambarkan pasokan sebagai hal besar yang tidak diketahui untuk pendapatan pada 2021," kata Tavares.

Grup ini sekarang bekerja melalui reorganisasi beberapa pengaturan pabriknya, meski mereka telah berjanji untuk tidak menutup pabrik, dan menyelesaikan tim manajemen baru. Prioritas untuk 2021 juga akan mencakup penetapan strategi untuk China, di mana beberapa merek Stellantis telah berjuang lebih keras daripada saingannya.

Tavares, yang sebelumnya menjalankan PSA, mencapai peningkatan margin di produsen mobil Prancis dengan memangkas biaya, menyederhanakan jajaran kendaraannya, dan memberikan sinergi pada pembelian Opel atau Vauxhall, strategi yang diharapkan investor dapat ditiru.

Pendapatan gabungan yang disesuaikan sebelum bunga dan pajak (EBIT) berjumlah 7,1 miliar euro (8,6 miliar dolar AS) pada grup tahun lalu. Pada akhir 2020, likuiditas gabungan mencapai 57,4 miliar euro dan arus kas bebas pada 3,3 miliar euro. Stellantis merencanakan hari pasar modal untuk akhir 2021 atau awal 2022. Saham grup ditutup datar pada hari Rabu.

 

 

 

sumber : reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement