Rabu 24 Mar 2021 15:37 WIB

Kembali Bela Timnas Inggris, Lingard Sebut Peran Southgate

Ini jadi panggilan pertama Lingard untuk memperkuat Inggris setelah absen dua tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Jesse Lingard saat membela West Ham United.
Foto: AP/Shaun Botterill/Pool Getty
Jesse Lingard saat membela West Ham United.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keputusan Jesse Lingard untuk tetap bertahan di Liga Primer Inggris dan hengkang ke West Ham United pada pertengahan musim ini terbukti tepat. Performa impresifnya bersama the Hammers mengantarkan gelandang serang berusia 28 tahun itu kembali dipercaya memperkuat timnas Inggris.

Lingard disertakan dalam daftar 26 pemain timnas Inggris, yang bakal berlaga di tiga laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, akhir bulan ini. Ini menjadi panggilan pertama Lingard untuk memperkuat the Three Lions setelah absen selama dua tahun.

Terakhir kali Lingard tampil mengenakan seragam timnas Inggris adalah kala the Three Lions menghadapi Swiss di pentas UEFA Nations League, Juni 2019 silam. Kembalinya Lingard ke timnas Inggris ini tidak terlepas dari kepindahannya ke West Ham United pada pertengahan musim ini.

Lingard datang ke the Hammers sebagai pemain pinjaman dari Manchester United demi bisa mendapatkan menit bermain yang lebih banyak. Pada paruh pertama musim ini, Lingard hanya tampil di tiga laga di semua ajang. Bahkan, Lingard tidak pernah sekalipun tampil di kancah Liga Primer Inggris pada paruh pertama musim ini.

Namun, begitu mengenakan seragam the Hammers pada paruh kedua musim ini, Lingard langsung menemukan performa terbaiknya. Jebolan tim junior Manchester United itu mampu mengemas lima gol dan tiga asisst dalam tujuh laga di pentas Liga Primer Inggris.

Lingard pun mengantarkan West Ham bertahan di lima besar klasemen sementara Liga Primer Inggris. Lingard dinilai menemukan titik balik kebangkitan performa pada musim ini saat bergabung bersama the Hammers.

Lingard mengakui, ada peran pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, dalam keputusannya untuk memilih bergabung bersama the Hammers. Southgate, ujar Lingard, sempat menyarankan kepada dirinya untuk bertahan di Liga Primer Inggris pada musim ini dan menemukan klub yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement