Ahad 09 May 2021 22:08 WIB

Pusat Perbelanjaan Dalem Kaum dan Kepatihan Dipadati Warga

Warga mengaku khawatir dengan animo masyarakat memadati kawasan pusat perbelanjaan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana pengunjung Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Ahad (9/5). Mendekati Lebaran pusat-pusat perbelanjaan di Kota Bandung diserbu pengunjung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Suasana pengunjung Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Ahad (9/5). Mendekati Lebaran pusat-pusat perbelanjaan di Kota Bandung diserbu pengunjung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah pusat perbelanjaan di Jalan Dalem Kaum dan Jalan Kepatihan, Kota Bandung pada Ahad (9/5) sore dipadati oleh masyarakat yang hendak berbelanja jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada hari Kamis (13/5). Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tidak menyurutkan animo masyarakat di Kota Bandung untuk berbelanja.

Berdasarkan pantauan, kawasan Jalan Dalam Kaum yang banyak terdapat puluhan pusat perbelanjaan dipadati oleh warga Bandung dan sekitarnya yang hendak berbelanja. Jumlah warga yang berkumpul terbilang banyak dibandingkan hari-hari sebelum jelang Lebaran 1442 Hijriah.

Konsekuensi dari adanya kepadatan warga di wilayah tersebut membuat protokol kesehatan menjadi terabaikan. Salah satunya, penerapan jaga jarak antar sesama warga tidak terjadi dan malah cenderung berdekatan. Sebagian kecil warga terlihat abai memakai masker atau memakai dengan cara yang tidak tepat.

Terdapat beberapa petugas Satpol PP yang memantau pergerakan masyarakat termasuk terus mengimbau terkait penerapan protokol kesehatan. Namun, jumlah personil yang sedikit dibandingkan warga yang memadati Jalan Dalem Kaum membuat para petugas cenderung diabaikan.