Kamis 24 Jun 2021 15:39 WIB

Makanan Kaya Zat Besi yang Bisa Tingkatkan Imunitas

Bayam juga sangat membantu dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah Anda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Bayam menjadi salah satu makanan kaya zat besi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Bayam menjadi salah satu makanan kaya zat besi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak merebaknya virus Covid-19, makanan penambah kekebalan tubuh menjadi hal yang paling banyak dibicarakan. Orang-orang mulai memberikan perhatian khusus pada makanan yang meningkatkan kekebalan pada tubuh mereka.

Dilansir di laman news.18.com pada Kamis (24/6), Anda harus terus mengonsumsi makanan kaya mineral dan vitamin. Berikut beberapa konsumsi makanan kaya zat besi untuk daya tahan tubuh: 

1. Bayam 

Bayam dianggap sebagai salah satu sumber zat besi terbaik dan sangat baik untuk kekebalan Anda. Selain zat besi, sayuran berdaun ini kaya akan kalsium, natrium, dan fosfor. Hal ini juga sangat membantu dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah Anda.

2. Buah-buahan kering

Semua buah kering termasuk kismis, buah ara, sarat dengan zat besi dan bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi kekurangan zat besi dalam tubuh Anda. Buah-buahan kering juga sangat membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah.

3. Kacang-kacangan

Lentil atau kacang-kacangan sangat kaya akan zat besi. Secangkir lentil yang dimasak dapat menyediakan hingga enam miligram zat besi yang merupakan 37 persen dari total kebutuhan zat besi harian oleh tubuh.

4. Kedelai

Kedelai adalah sumber zat besi yang sangat kaya dan 100 gram kedelai mentah mengandung hingga 15,7 milgram zat besi. Memasukkan makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu dalam makanan konsumsi sehari-hari. Ini bisa menjadi cara yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

5. Kentang

Sebuah kentang mentah mengandung 3,2 mg zat besi. Selain itu, kentang juga merupakan sumber serat, vitamin C, B6, dan potasium yang sangat baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement