Kamis 08 Jul 2021 01:29 WIB

Ilmuwan Lacak Silsilah Keluarga Leonardo Da Vinci

Meneliti sejarah keluarga da Vinci sulit.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Leonardo Davinci
Foto: Youtube
Leonardo Davinci

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Ilmuwan melacak silsilah keluarga Leonardo da Vinci. Menurut analisis baru tentang silsilah keluarganya, Leonardo da Vinci, seniman, penemu, dan ahli anatomi Renaisans memiliki 14 kerabat pria yang masih hidup.

Pohon keluarga baru suatu hari nanti dapat membantu para peneliti menentukan apakah tulang yang dikebumikan di sebuah kapel Prancis adalah milik da Vinci, atau bukan.

Baca Juga

Meneliti sejarah keluarga da Vinci sulit karena hanya satu dari orang tuanya yang dapat dilacak dengan baik. Lahir di luar nikah di kota Anchiano, Tuscan, Leonardo da Vinci adalah putra dari pengacara Florentine Ser Piero da Vinci dan seorang wanita petani bernama Caterina. 

Penelitian oleh Martin Kemp, seorang sejarawan seni di Universitas Oxford, menunjukkan bahwa Caterina adalah seorang yatim piatu berusia 15 tahun pada saat kelahiran da Vinci.  Pada usia 5 tahun, da Vinci muda dibawa ke perkebunan keluarganya di kota Vinci (dari mana keluarganya mengambil nama belakang mereka) untuk tinggal bersama kakek-neneknya.