Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Sederet Bintang Lapangan Hijau di Olimpiade Tokyo

Kamis 22 Jul 2021 16:37 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang timnas Spanyol dan Barcelona, Pedri.

Gelandang timnas Spanyol dan Barcelona, Pedri.

Foto: AP/Frank Augstein
Beberapa jebolan skuad Spanyol di Euro 2020 juga mentas di Olimpiade Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Genderang perang Olimpiade Tokyo 2020 segera dibunyikan. Kompetisi olahraga multievent itu berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Mengutip dari situs Olimpiade Tokyo, ada puluhan cabang olahraga (cabor) diperlombakan. Salah satunya sepak bola. Sederet bintang lapangan hijau beraksi di Negeri Matahari Terbit.

Contoh paling nyata ada tim nasional (timnas) Spanyol. Beberapa jebolan skuad La Roja di Piala Eropa (Euro) 2020 juga mentas di Jepang. Pedri di posisi terdepan.

Pemuda 18 tahun itu tak tergantikan di lini tengah Barcelona. Pesonanya makin mengkilap di Euro 2020. Ia menjadi pemain muda terbaik turnamen tersebut.

Pedri tak memiliki waktu istirahat yang panjang. Eks Las Palmas langsung bertolak ke Tokyo, Jepang. Kubu Barca sempat frustrasi menyikapi fakta ini. Jagoan Barca terus dieksploitasi tenaganya.

"Seperti yang dikatakan Pep Guardiola, bermain di dua turnamen penting pada musim panas, terlalu berlebihan. Tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa," kata pelatih Barcelona, Ronald Koeman, dikutip dari theworldgame.sbs.com pekan ini.

Bukan hanya Pedri. Nasib serupa juga dialami Unai Simon, Pau Torres, Eric Garcia, Mikel Oyarzabal, serta Dani Olmo, yang juga tampil di Euro 2020 dan Olimpiade Tokyo. Tampaknya Spanyol sangat serius mengejar medali emas.

Sederet bintang papan atas lainnya, juga ada di tim U-23 La Roja ini. Sebut saja, Marco Asensio, Jesus Vallejo, juga Dani Ceballos. Ketiganya berasal dari klub Real Madrid.

Brasil tetap memakai jasa pemain gaek Dani Alves. Bek kanan yang kini berusia 38 tahun itu didapuk sebagai kapten tim. Alves sedang berupaya mengumpulkan pundi-pundi trofinya.

Selecao juga menyertakan Richarlison di skuad Olimpiade. Penyerang sayap Everton itu belum menikmati liburan panjang. Pasalnya, ia juga membela Negeri Samba di Copa America 2021.

Jika bicara dalam konteks yang lebih luas, terdapat banyak bintang Liga Primer Inggris di ajang ini. Fakta demikian berpotensi semakin memeriahkan pesta olahraga dunia itu.

Penyerang sayap Arsenal, Gabriel Martinelli, turut serta. Pemuda 20 tahun itu menjadi bagian dari timnas Brasil. Ia berbagi kamar ganti dengan Richarlison dan Alves.

Kemudian dua penggawa Manchester United, tak ketinggalan. Mereka adalah Eric Bailly dan Amad Diallo. Baik Bailly maupun Diallo sama-sama membela Pantai Gading.

Sejatinya, Man United sudah memulai latihan menuju musim baru. Namun pelatih Man United Ole Gunnar Solskjaer tak mempermasalahkan anak asuhnya tampil di Jepang. Menurutnya, semua pesepak bola bermimpi membela negara di pentas internasional.

"Ketika negara Anda memanggil, saya tidak bisa menghalangi impian masa kecil itu untuk diwujudkan," ujar Solskjaer dikutip dari laman resmi klubnya.

Selain beberapa nama di atas, ada striker Burnley, Chris Wood, dan bek West Ham United, Winston Reid, yang membela Selandia Baru. Juga gelandang Brighton and Hove Albion, Alexis MacAllister, bersama timnas Argentina. Serta pemain tengah Aston Villa, Douglas Luiz, di skuad Brasil.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA