Advertisement
Advertisement

In Picture: Apache Bikers Donasikan Mobil Jenazah kepada Dompet Dhuafa

Sabtu 07 Aug 2021 12:43 WIB

Red: Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kabar baik dan inisiasi kepedulian dari masyarakat Indonesia turut mendampingi di tengah pandemi. Kali ini, Dompet Dhuafa menerima donasi 1 (satu) unit mobil jenazah persembahan dari Apache Bikers Community. Alhamdulillah, pada Jum’at (6/8/2021) siang, simbolisasi serah-terima donasi tersebut dapat terlaksana di halaman Masjid Panggung Cordofa, Philanthropy Building, Jakarta Selatan.

Berawal dari perbincangan sederhana terkait polemik kasus pandemi yang dewasa ini terjadi di Indonesia. Terbesit tanya, jika muncul sebuah bantuan, meminjamkan kendaraan roda empat agar digunakan untuk membawa jenazah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Walaupun istilahnya sedikit gurau dengan teman-teman, tapi kami jadi bertanya-tanya, ada yang mau gak ya, kalau pinjamkan mobil diperbantukan untuk bawa jenazah positif Covid-19?” aku Ben, salah satu member Apache Bikers Community, di sela kegiatan serah-terima donasi tersebut.

“Nah, dari situ ternyata kami jadi peduli. Muncul inisiatif kami untuk menghadirkan bantuan. Dipertemukan jalan dengan Dompet Dhuafa, akhirnya kami semangat galang dana dari para member Apache Bikers Community. Alhamdulillah selama tiga minggu kami galang dana, hadirlah mobil ambulans jenazah ini,” sambung Ben.

Dengan pintu terbuka lebar, Dompet Dhuafa menerima siapapun juga apapun bentuk kolaborasi kebaikan dari para donaturnya. Hadirnya donasi mobil ambulans jenazah ini, akan dikelola langsung oleh Tim BARZAH (Badan Pemulasaran Jenazah) yang berada dalam sebuah organ LPM (Lembaga Pelayan Masyarakat) Dompet Dhuafa, sebuah program layanan pemulasaran jenazah gratis secara paripurna terutama untuk kaum dhuafa. Pun melayani misi mulia dalam respon Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa.

Gelaran serah-terima donasi mobil jenazah tersebut, dilakukan langsung oleh Leroy Osmani selaku Chairman Apache Bikers Community, beserta perwakilan member Apache, kepada Ustaz Ahmad Shonhaji selaku Direktur DBPM (Dakwah, Budaya, dan Pengembangan Masyarakat) Dompet Dhuafa, bersama jajaran Direksi LPM, DMC (Disaster Mangement Center), dan Tim BARZAH. Setelah simbolis serah-terima donasi dilakukan, semua pihak menilik haru mobil tersebut, sembari mengabadikan momen penting itu.

“Salut saya dengan program BARZAH ini. Ternyata Dompet Dhuafa ikhtiarnya sejauh itu. Semoga bisa menjadi ladang amal jariyah, juga kami harap bermanfaat luas untuk para masyarakat khususnya kaum dhuafa,” imbuh Ben diakhir acara.

Tim BARZAH membawa serta para anggotanya, hadir driver, petugas makam, hingga petugas memandikan jenazah. Dan di akhir gelaran, kesemuanya juga diberikan paket bantuan sembako dan bingkisan kebaikan dari Tim Apache Bikers Community.

“Dengan hadirnya mobil jenazah terbaru ini menjadi genap ada delapan unit mobil BARZAH. Tentu akan sangat bermanfaat mengingat dalam bulan Juli ini saja, sudah sekitar 111 jenazah Covid-19 yang kami layani, banjir permintaan layanan hingga antri di TPU Covid-19. Sejak saya bergabung mengelola BARZAH, sekitar 5.400 jenazah kami layani, gratis, mengantar ke wilayah Jabodetabek maupun luar Jabodetabek,” sebut Ustaz Madroi selaku Manager BARZAH.

Untuk mendapatkan akses layanan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa, dapat menghubungi 08111617101 (WA Only). Dengan mengirimkan pesan di nomor tersebut, para relawan dengan segera merespon dan mengirimkan pilihan layanan bantuan bagi warga yang menghubungi.

Sumber : Dok DD
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Ikuti Berita Republika Lainnya