Senin 13 Sep 2021 21:58 WIB

Penyerang Sasar Penjara Nigeria, Lepaskan 266 Narapidana

Satu tentara dan satu polisi tewas dalam serangan Nigeria dan dua sipir hilang

Red: Nur Aini
Ilustrasi Penjara
Foto: Pixabay
Ilustrasi Penjara

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Sekelompok orang bersenjata berat membobol sebuah penjara di Nigeria pada Ahad (12/9) malam dan melepaskan 266 narapidana, hampir seluruh jumlah narapidana yang berada dipenjara itu.

Satu tentara dan satu polisi tewas dalam serangan itu dan dua sipir hilang, kata kementerian dalam negeri. Para pembobol menggunakan alat peledak untuk menghancurkan pagar penjara berpenjagaan cukup ketat di Kabba, Negara Bagian Kogi di selatan Ibu Kota Abuja dan mulai melepaskan tembakan ke arah petugas keamanan.

Baca Juga

Hanya 28 dari 294 narapidana yang ditahan di penjara itu yang tidak lepas, kata kementerian dalam negeri. Penjara itu, yang didirikan pada 2008 untuk menampung 200 narapidana, saat ini dihuni 244 tahanan prasidang dan 70 orang yang sudah dijatuhi hukuman.

Di Nigeria, orang-orang yang menjadi tersangka bisa ditahan bertahun-tahun sebelum disidangkan. Sejumlah kelompok pembela hak asasi manusia mengatakan penjara-penjara kerap kelebihan kapasitas dan bahwa prosedur hukum tidak efisien.

Kementerian dalam negeri mengatakan ada 15 tentara, 10 polisi, dan 10 sipir bersenjata yang bertugas melakukan penjagaan di penjara Kabba saat serangan pada Ahad (12/9) terjadi. Serangan itu merupakan pembobolan besar-besaran kedua yang terjadi di penjara di Nigeria tahun ini.

Sebelumnya, sebuah penjara di Owerri di Negara Bagian Imo di Nigeria tenggara dibobol sekawanan orang bersenjata pada April. Para penyerang melepaskan lebih dari 1.800 narapidana. Kepolisian menuding gerakan separatis terlarang, Indigenous People of Biafra (IPOB), sebagai pelaku pembobolan.

Tudingan itu ditepis IPOB. IPOB adalah kelompok yang melancarkan upaya untuk memisahkan beberapa bagian di kawasan tenggara dari Nigeria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement