Senin 20 Sep 2021 16:19 WIB

Remaja China Dibatasi Akses TikTok, Maksimal 40 Menit

TikTok hanya bisa diakses antara pukul 06.00 dan pukul 22.00.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Versi China dari aplikasi video populer TikTok, yang dikenal sebagai Douyin, akan membatasi penggunanya yang berusia di bawah 14 tahun. Pengguna di bawah 14 tahun dibatasi 40 menit sehari. Perusahaan induk ByteDance menyebutkan hal itu dalam sebuah posting blog pada Sabtu (18/9).

Mode remaja aplikasi membuatnya tetap sejalan dengan pembatasan baru pemerintah China tentang akses ke gim video untuk anak-anak yang lebih kecil.

Baca Juga

“Remaja di bawah 14 tahun akan dapat mengakses Douyin antara pukul 06.00 dan pukul 22.00, tetapi tidak akan dapat menggunakan aplikasi di luar rentang waktu itu,” kata perusahaan itu, dilansir dari The Verge, Senin (20/9).

Aturan akan berlaku untuk pengguna yang diautentikasi dengan nama asli di bawah 14 tahun. Perusahaan mendorong orang tua untuk membantu anak-anak mereka menyelesaikan proses pembuktian keaslian nama asli atau mengaktifkan mode remaja saat diminta oleh aplikasi.

Pemerintah China telah berfokus untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan remaja untuk daring, yang dianggap berbahaya. Bulan lalu, Administrasi Pers dan Publikasi Nasional meluncurkan aturan baru, yang membatasi warga China di bawah 18 tahun untuk bermain gim daring hanya pada Jumat, akhir pekan dan hari libur antara pukul 20.00 dan pukul 21.00.

Pihak berwenang telah mengarahkan perusahaan dan platform gim seperti Douyin untuk menggunakan identifikasi nama asli untuk semua penggunanya. Prosesnya mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor telepon dan identifikasi lainnya untuk mengakses gim daring.

ByteDance mengatakan konten yang tersedia untuk pengguna dalam mode remaja sekarang akan mencakup materi pendidikan seperti eksperimen sains populer yang menarik, pameran di museum dan galeri, pemandangan indah di seluruh negeri, penjelasan pengetahuan sejarah dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement