Senin 27 Sep 2021 19:33 WIB

Layanan Terminal Petikemas di Belawan dan Kuala Tanjung Naik

Pelindo 1 memastikan pelayanan dan kinerja operasional pelabuhan terus ditingkatkan

Red: Hiru Muhammad
Dalam perayaan HUT juga dilakukan launching konsep dan logo Kuala Tanjung Port and Industrial Estate yaitu konsep kawasan pelabuhan yang dilengkapi dengan kawasan industri dengan mengusung tagline Indonesia’s Logistic and Supply Chain Hub
Foto: istimewa
Dalam perayaan HUT juga dilakukan launching konsep dan logo Kuala Tanjung Port and Industrial Estate yaitu konsep kawasan pelabuhan yang dilengkapi dengan kawasan industri dengan mengusung tagline Indonesia’s Logistic and Supply Chain Hub

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan kepada pengguna jasanya, dengan meningkatkan standar kinerja pelayanan operasional pelabuhan. Upaya tersebut dilakukan di seluruh cabang pelabuhan yang dikelolanya termasuk di Pelabuhan Belawan, Terminal Petikemas Belawan (TPK Belawan) dan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT). 

Hingga Agustus 2021, produktivitas bongkar muat Pelabuhan Belawan terus mengalami peningkatan, seperti produktivitas bongkar muat curah kering melalui conveyor, sebesar 409,96 T/C/H meningkat sebesar 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 372,78 T/C/H. Begitu juga dengan produktivitas curah cair melalui pipa terpadu sebesar 179,21 T/P/H meningkat sebesar 6,6  persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 168,11 T/P/H.  

“Selain produktivitas bongkar muat, service time (waktu pelayanan) di Pelabuhan Belawan juga mengalami perbaikan terutama tergambar dari semakin rendahnya waiting time (waktu tunggu kapal), yaitu jumlah waktu sejak pengajuan permohonan tambat setelah kapal tiba di lokasi labuh sampai kapal digerakkan menuju tambatan.  Waiting time di Pelabuhan Belawan sebesar 0,27 jam/kapal, turun sebesar 15 persen  dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau sebesar 0,32 Jam/kapal, lebih  baik dari standar kinerja operasional kapal yang ditetapkan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, yaitu sebesar 1 jam/kapal,” jelas Basuki Soleh SVP Corporate Secretary.

Pelabuhan Belawan memiliki layanan bisnis utama berupa pelayanan kapal, terdiri dari layanan tambat, pemanduan, penundaan. Pelayanan barang, terdiri dari kegiatan stevedoring, cargodoring, receiving/delivery. Pelabuhan umum terdiri dari terminal cargo, terminal curah kering, terminal curah cair, terminal penumpang, dan car terminal, serta jasa kepelabuhanan lainnya, seperti penyewaan tanah dan bangunan, pengusahaan air dan listrik, pengusahaan alat, dll. Dalam menjalankan layanan bisnisnya, Pelindo 1 Cabang Belawan berkomitmen untuk melayani setiap permohonan dari pengguna jasa sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada.