Ahad 17 Oct 2021 05:40 WIB

Infografis 10 Nasihat Imam Abu Hasan asy-Syadzili

10 Nasihat Imam Abu Hasan asy-Syadzili

Red: Muhammad Hafil
Foto: Dok Republika
Ulama (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

10 Nasihat Imam Abu Hasan asy-Syadzili

 

 1. jika engkau melihat seseorang yang mengaku kondisi rohaninya bersama Allah Swt, tetapi dia keluar dari syariat, maka jangan sekali-kali engkau mendekatinya.

2. jika engkau melihat seseorang yang menggantungkan dirinya pada makhluk lain yang bukan dari jenisnya, jangan sekali-kali mendekatinya.

3 dan 4.  Ketika engkau melihat seseorang yang terobsesi menjadi pemimpin dan gila hormat, jangan sekali-kali engkau mendekatinya.

5. Jangan menjalin pertemanan dengannya karena berteman dengan orang tersebut akan mengeraskan hatimu selama empat puluh Subuh.

6. Apabila engkau melihat orang yang merasa cukup dengna ilmunya, waspadalah akan kebodohannya.

7 dan 8. Jika engkau melihat seseorang ridha terhadap dirinya sendiri, merasa tenang dan nyaman pada keadaannyam maka curigalah terhadap agamanya. Berhati-hatilah terhadap orang seperitnya.

9. Jika engkau melihat seorang murid yang mendengar lagu-lagu dan suka suatu hal yang lembut, jangan berharap sesuatu yang baik darinya.

10. Jika engkau melihat seseorang yang fakir yang tidak hadir terhadap seruan-Nya, ketahuilah bahwa kebaikan dan keberkahan haram baginya disebabkan batinnya yang rusak dan pemahamannya yang salah.

Sumber: Nasihat Imam Abu Hasan asy-Syadzili yang dikutip dalam buku  Risalah Alamin: Wejangan yang Mengantarkan Kita Sampai Kepada-Nya, Pengolah: Muhyiddin/Hafil, Ilustrator:

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement