Kamis 11 Nov 2021 20:13 WIB

Jembatan Gantung Pramuka Pecahkan Dua Rekor Muri

Jembatan gantung yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jembatan Gantung Pramuka Pecahkan Dua Rekor Muri (ilustrasi).
Foto: Dok Istimewa
Jembatan Gantung Pramuka Pecahkan Dua Rekor Muri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Pembangunan Jembatan Gantung Pramuka yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah kini telah rampung. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat pun meraih dua rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas terealisasinya jembatan tersebut.

Dua penghargaan itu diberikan kepada Kwarda Jawa Barat sebagai Pemrakarsa dan Penyelenggara Pembangunan Jembatan Gantung Pertama yang dibangun oleh Pramuka, yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sedangkan penghargaan berikutnya diberikan kepada Atalia Praratya Ridwan Kamil, sebagai Pemrakarsa Jembatan Gantung Pertama yang dibangun oleh Pramuka, yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Anugerah Rekor MURI tersebut diserahkan oleh Eksekutif Manager MURI Sri Widyawati kepada Kak Deni Nurdyana Hadimin, selaku Ketua Harian Kwarda Jawa Barat dan Kak Atalia Praratya selaku Ketua Kwarda Jabar. Kegiatan itu dilakukan bersamaan dengan peresmian pembangunan Jembatan Gantung Pramuka dan pelaksanaan Pesta Siaga di Lapangan Sepak Bola Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Kamis (11/11).

Ketua Kwarda Jawa Barat, Atalia Praratya, mengatakan, Jembatan Gantung Pramuka yang menghubungkan dua provinsi tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dalam melaksanakam aktifitas sehari-hari.

‘’Selain mengamalkan Satya Dharma, Pramuka juga mempunyai semboyan Berbakti Tanpa Henti. Inilah bukti bahwa Pramuka selalu terdepan dalam pengabdian terhadap masyarakat,’’ kata Atalia.

Jembatan Gantung Pramuka itu mempunyai panjang 160 meter dan ketinggian 10 meter. Jembatan tersebut dibangun di atas sungai Cisanggarung, yang menghubungkan Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dengan Desa Limbangan, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Atalia juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam pembangunan Jembatan Gantung Pramuka. Di antaranya, kepada Vertikal Resque Indonesia, tokoh masyarakat setempat, kepala Desa Limbangan dan kepala Desa Kalirahayu, Petakala Grage, serta anggota Penegak dan Pandega. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement