Jumat 12 Nov 2021 06:05 WIB

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Rusia Gasak Siprus

Rusia mantap di puncak Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Red: Israr Itah
Pemain Rusia Aleksei Sutormin (tengah) merayakan golnya ke gawang Siprus dalam laga Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022. Rusia mengalahkan Siprus 6-0 di Saint Petersburg, Jumat (12/11) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Anatoly Maltsev
Pemain Rusia Aleksei Sutormin (tengah) merayakan golnya ke gawang Siprus dalam laga Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022. Rusia mengalahkan Siprus 6-0 di Saint Petersburg, Jumat (12/11) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Rusia sukses menggasak Siprus 6-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Pada laga lain yang berlangsung bersamaan, Swedia dipecundangi 0-2 oleh Georgia.

Menjamu Siprus di Stadion Saint Petersburg, Jumat (12/11) dini WIB, Rusia menang telak atas juru kunci klasemen Grup H tersebut guna memantapkan posisi mereka di puncak. Pemain sayap Aleksandr Yerokhin membawa Rusia unggul cepat saat pertandingan baru berusia empat menit lewat sontekan jarak dekatnya. Rusia melanjutkan pesta gol mereka di babak kedua melalui Fedor Smolov, Andrey Mostovoy, Aleksey Sutormin dan Anton Zabalotny ke gawang Siprus.

Baca Juga

Yerokhin kembali mencetak gol tiga menit jelang bubaran waktu normal untuk menggenapi kemenangan 6-0 yang dibukukan Rusia. Hasil itu membuat Rusia semakin mantap di puncak klasemen Grup H dengan koleksi 22 poin. Rusia unggul lima poin atas Kroasia (20) yang juga pesat gol dengan mengalahkan Malta 7-1, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Batumi Arena, Georgia sukses menciptakan kejutan menjungkalkan pemuncak klasemen sementara Grup B Swedia dengan skor 2-0. Gelandang serang Khvicha Kvaratskhelia memborong dua gol kemenangan Georgia kendati mereka relatif lebih banyak ditekan oleh tamunya sepanjang laga.

Walau menang, nasib Georgia tak berubah. Sebab mereka sudah menuntaskan semua pertandingan di Grup B dan dipastikan tak berpeluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 maupun fase play-off. 

Georgia tetap menempati urutan keempat dengan tujuh poin, sedangkan Swedia (15) kini posisinya disalip oleh Spanyol (16) yang mengalahkan Yunani 1-0.

Di Stadion Olimpiade Baku, tuan rumah Azerbaijan harus mengakui keunggulan Luksemburg yang meraih kemenangan 3-1 untuk lanjutan Grup A. Azerbaijan dipastikan menjadi juru kunci klasemen Grup A setelah hanya mengumpulkan satu poin dari delapan pertandingan, sedangkan Luksemburg (9) juga tak punya peluang lolos lagi dan menempati peringkat ketiga meski masih memiliki satu laga untuk dimainkan.

Di Grup J, Makedonia Utara menjaga asa mereka untuk memperoleh satu tiket babak play-off setelah melumat Armenia 5-0 dalam lawatan ke Stadion Vazgen Sargsyan Republican, Yerevan. Makedonia Utara sementara naik ke posisi kedua dengan koleksi 15 poin, mengungguli Rumania (14) yang bermain imbang 0-0 kontra Islandia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement