Jumat 12 Nov 2021 05:49 WIB

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Spanyol ke Puncak Grup B

Spanyol mengalahkan Yunani 1-0 dan kini mengoleksi 16 di puncak klasemen.

Red: Israr Itah
Pemain timnas Spanyol Raul de Tomas (tengah) membawa bola dijaga pemain Yunani Dimitris Goutas dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Athena, Yunani, Jumat (12/11) dini hari WIB. Spanyol menang 1-0 lewat penalti Pablo Sarabia dan naik ke puncak Grup B.
Foto: EPA-EFE/GEORGIA PANAGOPOULOU
Pemain timnas Spanyol Raul de Tomas (tengah) membawa bola dijaga pemain Yunani Dimitris Goutas dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Athena, Yunani, Jumat (12/11) dini hari WIB. Spanyol menang 1-0 lewat penalti Pablo Sarabia dan naik ke puncak Grup B.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Spanyol merebut puncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa seusai menaklukkan Yunani 1-0 di Stadion Olimpiade Athena, Yunani, Jumat (12/11) dini hari WIB. Pablo Sarabia menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Spanyol yang mengangkat posisi tim besutan Luis Enrique itu ke puncak.

Spanyol mengoleksi 16 poin, unggul satu angka atas Swedia (15) yang kalah pada laga lebih awal. Sementara bagi Yunani, kekalahan itu memastikan mereka tak lagi berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022, meski masih memiliki satu laga sisa yang belum dijalani.Yunani tertahan di posisi ketiga dengan sembilan poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca Juga

Tuan rumah sebetulnya sempat menyarangkan bola ke gawang Spanyol melalui Giorgos Masouras pada menit ke-21, tetapi gol itu dianulir karena offside. Nasib buruk Yunani berlanjut. Tiga menit kemudian, tim tamu justru memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Inigo Martinez jatuh di dalam kotak terlarang dalam perebutan bola liar bersama Dimitris Giannoulis. Protes para pemain Yunani tak digubris wasit Szymon Marciniak. Sarabia yang jadi algojo dengan tenang memperdaya kiper Odisseas Vlachodimos demi membawa Spanyol memimpin pada menit ke-26.

Spanyol hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-36. Namun Vlachodimos melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan keras Alvaro Morata untuk mementahkan bola ke mistar gawang.

Yunani memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-79 lewat situasi tendangan bebas yang dikirimkan Kostas Tsimikas. Sayangnya, sundulan Georgios Tzavellas malah melenceng tipis di sisi gawang.

Spanyol hampir melengkapi kemenangan mereka pada menit keempat injury time. Namun Vlachodimos sekali lagi melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Rodrigo Moreno ke mistar gawang.

Yunani tetap gagal meraih poin dan harus melupakan mimpi tampil di putaran final Piala Dunia 2022, sementara Spanyol semakin terbuka peluangnya mendapat tiket otomatis. Spanyol akan melakoni laga krusial saat menjamu Swedia di La Cartuja pada Senin (15/11) dini hari WIB, guna menentukan tim yang lolos otomatis dan siapa yang harus mengikuti fase play-off.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement