Sabtu 13 Nov 2021 19:01 WIB

IDAI: 1.346 Anak Indonesia Alami Diabetes Melitus Tipe 1

Sebagian besar kasus diabetes pada anak ialah diabetes melitus tipe 1.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan untuk anak (ilustrasi). Populasi anak yang mengalami diabetes semakin meningkat dibandingkan 10 tahun lalu.
Foto: Republika/Prayogi
Makanan untuk anak (ilustrasi). Populasi anak yang mengalami diabetes semakin meningkat dibandingkan 10 tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka kejadian diabetes meningkat di seluruh dunia hingga tercatat sebagai penyebab kematian nomor tiga. Bahkan, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, peningkatan ini juga terjadi pada anak-anak.

Populasi anak yang mengalami diabetes semakin meningkat dibandingkan 10 tahun lalu. Angkanya naik sekitar tujuh sampai 10 kali lipat.

Baca Juga

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr Piprim B. Yanuarso SpA(K), mengatakan ada dua jenis diabetes yang umumnya dialami oleh anak, yakni diabetes melitus (DM) tipe 1 dan tipe 2. Menurut data IDAI pada bulan Maret 2021, ada sekitar 1.282 anak di Indonesia menderita DM tipe 1.

"Namun, jumlah sebenarnya jauh lebih banyak dari itu, karena Indonesia memiliki kendala pencatatan. Ada pasien yang  tidak berobat atau justru keburu meninggal sebelum tiba di layanan kesehatan," ujarnya pada acara media briefing virtual mengenai "Update Penanganan Diabetes pada Anak beserta Teknologinya", yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Sabtu (13/11).