Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

2 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Datathon Ajang Lomba Kecerdasan Artifisial

Senin 15 Nov 2021 14:21 WIB

Red: Budi Raharjo

Artificial Intelligence, ilustrasi

Artificial Intelligence, ilustrasi

Foto: pixabay
Datathon Kecerdasan Artifisial hasil kerja sama BRIN dan Telkom University

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2021 yang berlangsung secara virtual telah resmi ditutup dengan pengumuman pemenang Datathon Kecerdasan Artifisial dan Lomba Poster 2021. Tim AI Karhutla OR PPT BRIN berhasil meraih penghargaan Juara 1 Best Poster Award. 

Sementara Juara 1 Datathon Kecerdasan Artifisial diraih Tim Aurora dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Pengumuman pemenang Datathon Kecerdasan Artifisial disampaikan Ketua Umum Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (Korika) Hammam Riza didampingi Mahmud Sulistyo dari Telkom University. 

Kegiatan Datathon Kecerdasan Artifisial merupakan hasil kerja sama Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Telkom University. "Datathon KA merupakan sebuah ajang perlombaan di bidang kecerdasan artifisial untuk menggali atau menjaring dan melatih talenta-talenta di bidang kecerdasan artifisial di kalangan mahasiswa," ujar Mahmud pada acara penutupan AIIS 2021 yang digelar secara virtual.

Juara pertama Datathon Kecerdasan Artifisial diraih oleh Tim Aurora dari ITB yang beranggotakan Rio Alexander Audino, Rizky Ramadhana, dan Dimas Shidqi Parikesit. Juara pertama berhak mendapatkan uang tunai Rp 25 juta. Perwakilan Tim Aurora, Dimas Shidqi Parikesit berharap perlombaan semacam ini akan meningkatkan partisipasi dan minat mahasiswa-mahasiswa Indonesia pada bidang AI. 

Juara kedua dengan hadiah uang tunai Rp 20 juta diberikan kepada Tim AI-Shite dari Politeknik Statistika STIS, Jakarta. Sedangkan juara ketiga dengan hadiah uang tunai Rp 15 juta diraih oleh Tim Pabuds dari President University.  

Hammam Riza mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Kita akan terus menguatkan upaya kita dengan melaksanakan berbagai upaya pengembangan data science dan kecerdasan artifisial di Indonesia,” ujarnya.

Ajang AIIS 2021 juga menggelar lomba poster yang diikuti 91 peserta. Setelah diseleksi, terpilih tiga pemenang Best Poster Award. Riset tentang AI diharapkan tidak hanya berhenti di poster tapi bisa diaplikasikan sehingga memberi manfaat bagi masyarakat.

Tim AI Karhutla OR PPT dengan poster berjudul AI Innovation for Forest Fire Mitigation meraih juara pertama. Juara kedua diraih oleh Prof Dr Ir Bambang Riyanto Trilaksono dari ITB dengan judul poster Autonomous Tram Development Using Artificial Intelligence. Sedangkan poster karya Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berjudul INOSEC19 – Covid-19 Screening Tool through Axillary Sweat Odor, meraih juara ketiga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile