Selasa 16 Nov 2021 11:01 WIB

CEO Citadel: Ethereum akan Menggantikan Bitcoin

Kenneth Griffin ungkap mata uang di jaringan Ethereum akan menggantikan Bitcoin (BTC)

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
CEO Miliarder American Hedge Fund Citadel: Ethereum Akan Menggantikan Bitcoin (Foto: Warta Ekonomi)
CEO Miliarder American Hedge Fund Citadel: Ethereum Akan Menggantikan Bitcoin (Foto: Warta Ekonomi)

Kenneth Griffin, CEO miliarder dari American hedge fund Citadel, berpikir mata uang di jaringan Ethereum akan menggantikan Bitcoin (BTC) sebagai pilihan top kripto. Citadel mengelola lebih dari 40 miliar dolar modal, seperempat dari volume perdagangan di pasar saham Amerika Serikat.

Melansir dari Cointelegraph selama KTT DealBook 10 November Rabu ini yang diselenggarakan oleh The New York Times, Griffin mengatakan bahwa dia mengantisipasi konsepsi berbasis Bitcoin [akan] digantikan oleh konsepsi berbasis Ethereum di generasi cryptocurrency berikutnya.

Baca Juga: Hasil Survei Terbaru Pew Research Center: 16% Orang Amerika Pakai Cryptocurrency

Dia menambahkan bahwa cryptocurrency berbasis Ethereum memiliki manfaat dari kecepatan transaksi yang lebih tinggi dan biaya per transaksi yang lebih rendah.

Ethereum hanya sedikit lebih cepat daripada Bitcoin saat ini tetapi akan secara signifikan meningkatkan kecepatan transaksi dan biaya yang lebih rendah ketika Ethereum 2.0 diimplementasikan sepenuhnya.

Griffin adalah skeptis kripto lama, terutama Bitcoin, yang ia klaim tidak ada kasus penggunaan untuk komersial.

Meskipun dia mencatat bahwa kripto dan teknologi blockchain yang mendasarinya adalah teknologi yang sangat menarik dan cara yang ampuh untuk mempertahankan buku besar yang terdesentralisasi di seluruh dunia, dia akhirnya mengatakan bahwa untuk sebagian besar masalah, itu benar-benar bukan solusi yang kita butuhkan. 

“Orang-orang sangat fokus pada dunia ide-ide baru dan kreasi baru,” katanya, “Saya khawatir bahwa sebagian dari hasrat ini salah tempat dalam hal cryptocurrency.”

Selama KTT, ia mengklaim bahwa “ada sejumlah masalah yang belum ditangani oleh kripto,” termasuk risiko penipuan, biaya tinggi, dan pengeluaran energi.

“Bitcoin sangat mahal untuk mengelola pembayaran,” katanya.

Saat ini biayanya sekitar 4,1 dolar per transakai Bitcoin. Biaya transaksi kartu kredit tipikal berkisar dari 1,4% dan 3,5% di jaringan populer seperti Mastercard, Visa, dan American Express. Biaya tambahan yang direkomendasikan biaya untuk kartu debit sekitar 0,5%.

Dalam hal keberlanjutan, Griffin mengklaim bahwa Bitcoin adalah kontributor yang lebih besar terhadap pemanasan global daripada bentuk pembayaran apa pun yang digunakan di seluruh dunia saat ini secara agregat.

Jejak karbon tahunan Bitcoin adalah sekitar 90,48 ton CO2. Setiap transaksi Bitcoin memiliki jejak karbon setara dengan 2.008.657 transaksi Visa, menurut Indeks Konsumsi Energi Bitcoin .

Di sisi lain, penambangan Bitcoin juga menggunakan bentuk energi dengan biaya terendah, seperti energi terbarukan dan kelebihan daya yang seharusnya terbuang percuma. Juga jauh lebih sulit untuk benar-benar menghitung jumlah emisi yang menjadi tanggung jawab bank dan lembaga keuangan.

Ketika ditanya apakah dia khawatir bahwa dia mungkin sudah ketinggalan kereta kripto, dia berkata, “Saya pikir kereta itu, dalam beberapa hal, masih di stasiun…. Saya pikir itu masih sangat banyak di babak awal.”

Awal tahun ini, ada desas-desus yang mengklaim bahwa Citadel berada di balik batas perdagangan yang ditempatkan pada Robinhood untuk saham GameStop. Dia membantah keterlibatan pribadi dalam kisah tersebut selama KTT, menyebutnya sebagai "lelucon komedi yang buruk."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement