Kamis 18 Nov 2021 02:49 WIB

Langkah Mesir pada Mohamed Salah Bantu Liverpool

Timnas Mesir menurunkan Mohamed Salah sebagai pemain pengganti vs Gabon.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Liverpool dan timnas Mesir,  Mohamed Salah.
Foto: EPA-EFE/Chema Moya
Striker Liverpool dan timnas Mesir, Mohamed Salah.

REPUBLIKA.CO.ID, ALEXANDRIA -- Pelatih Mesir, Carlos Quieroz, memutuskan mencoret nama Mohamed Salah di starting line-up Mesir kala menghadapi Gabon di laga pamungkas penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika, Selasa (16/11) waktu setempat. Penyerang Liverpool itu baru merumput pada menit ke-59.

Saat itu, Salah masuk menggantikan Mohamed Sherif kala papan skor di laga itu masih menunjukkan, 1-1. Ujungnya, Mesir berhasil menutup laga di Stadion Borg El Arab, Alexandria, itu dengan kemenangan, 2-1, lewat gol bunuh diri John Obian pada menit ke-75.

Baca Juga

Dengan kemenangan ini, The Pharaoh, julukan Mesir, memantapkan posisi di puncak klasemen akhir Grup F dengan koleksi 14 poin dari tujuh laga. Mesir pun berhak melaju ke putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika, yang rencananya bakal digelar pada Maret 2022 mendatang.

Nantinya, dari 10 tim yang tampil di putaran kedua, hanya ada lima tim yang berhak mewakili Benua Afrika di putaran final Piala Dunia 2022. Mesir sebenarnya telah memastikan langkah ke putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika, tengah pekan lalu.

Meski hanya bisa memetik satu poin usai ditahan imbang Angola, 2-2, raihan poin Mesir sudah tidak bisa dikejar lagi oleh para pesaing-pesaingnya di Grup F. Alhasil, Quieroz memutuskan menurunkan Salah sebagai pemain pengganti di laga kontra Gabon.

''Tidak hanya itu, hal ini juga sesuai dengan kesepakatan antara Federasi Sepak Bola Mesir dengan Liverpool terkait menit bermain Salah di laga internasional. Terlebih, Mesir sudah memastikan lolos ke putaran kedua,'' tulis laporan Express, Rabu (17/11).

The Reds tentu tidak mau salah satu pemain andalannya itu mengalami cedera saat kembali dari laga internasional. Sebelumnya, dua penggawa Liverpool, Jordan Henderson dan Sadio Mane, dikabarkan mengalami cedera ringan saat memperkuat negaranya masing-masing di laga internasional.

Keputusan timnas Mesir untuk menurunkan Salah sebagai pemain pengganti di laga kontra Gabon dapat sedikit mengurangi kekhawatiran pelatih Liverpool, Juergen Klopp, terkait kesiapan para penggawanya.

Apalagi, di laga perdana pasca-jeda internasional ketiga pada musim ini, Liverpool bakal melakoni laga berat. The Reds dijadwalkan menjamu Arsenal di Stadion Anfield pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris, Ahad (21/11) dini hari WIB.

Dengan cederanya Roberto Firmino dan keraguan soal kondisi Mane, Salah akan menjadi andalan utama the Reds untuk bisa meraih kemenangan di laga itu. ''Dengan tampil selama 31 menit di laga terakhir bersama Mesir, Salah bisa tampil lebih segar kala Liverpool menghadapi Arsenal di laga berikutnya,'' lanjut laporan Express tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement