Selasa 23 Nov 2021 05:45 WIB

Beda Perlakuan Allah SWT kepada Orang Beriman dan Kafir

Allah SWT memberikan perlindungan untuk orang-orang yang beriman

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan perlindungan untuk orang-orang yang beriman. Ilustrasi Warga beribadah di Masjid Kalipasir, Kota Tangerang, Banten, Senin (19/4/2021).
Foto:

Namun ternyata mereka enggan untuk menjamu keduanya. Setelah itu mereka menemukan sebuah dinding rumah yang sudah hampir roboh. Dengan serta merta Khidir menegakkannya kembali. Kemudian Khidir memberikan penjelasan kepada Musa alaihissallam alasan di balik perbuatannya tadi.  

وَأَمَّا ٱلْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَٰمَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِى ٱلْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُۥ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَٰلِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبْلُغَآ أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ...

"Dinding rumah itu adalah milik dua orang anak yatim yang ada di kota tersebut, dan di bawahnya terdapat harta benda terpendam bagi mereka berdua, sedang ayah mereka adalah orang yang saleh. Maka Tuhanmu ingin agar mereka mencapai usia dewasa dan mengeluarkan harta tersebut sebagai sebuah rahmat dari Tuhanmu..." (QS. Al Kahfi ayat 82).

Lihatlah, kesalehan ayah dari kedua anak yatim tersebut merupakan sebab dan alasan mengapa Allah ﷻ sampai menjaga dan memelihara keturunan mereka setelah dia wafat.  

Allah lah sebaik-baik penolong, dan Dialah Yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang.  

Ketika Umar bin Abdul Aziz, seorang Khalifah pada dinasti Umawiyah di masa tuanya, dia tidak meninggalkan sedikitpun harta benda untuk anak-anaknya. Dialah Khalifah yang telah menafkahkan hartanya di jalan Allah.  

Baca juga : Bentrok Ormas PP-FBR, Kapolresta Tangerang: Lima Luka Serius

Suatu saat, dia pernah mengumpulkan anak-anaknya, tujuh orang pria dan tujuh orang wanita. Dengan mata berkaca-kaca, dia berkata kepada mereka, "Aku tidak meninggalkan apapun bagi kalian, aku hanya meninggalkan Allah yang Maha-Esa kepada kalian.  Allah ﷻ berfirman: 

 اِنَّ وَلِيِّ َۧ اللّٰهُ الَّذِيْ نَزَّلَ الْكِتٰبَۖ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصّٰلِحِيْنَ "Sesungguhnya pelindungku hanyalah Allah yang telah menurunkan Alquran, dan Dia pulalah yang akan melindungi orang-orang yang saleh." (QS Al A‘raf ayat 196)  

Jika kalian adalah orang-orang yang taat kepada-Nya, maka niscaya Allah akan menjaga dan memelihara kalian. Namun jika ternyata kalian durhaka kepada-Nya, maka aku tidak akan menolong kalian dalam kemaksiatan kepada-Nya." 

Semoga Allah ﷻ melimpahkan rahmat-Nya kepada beliau. Tak lama kemudian beliau menghadap kepada yang Mahakuasa. Sementara Allah terus menjaga keturunannya. Sampai salah seorang ulama mengatakan, "Anak-anaknya termasuk orang yang paling kaya kehidupannya di tengah masyarakat pada saat itu."    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement