Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Tanpa Rashid, Robert Ubah Skema Persib

Selasa 07 Dec 2021 23:13 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Gelandang serang Persib Bandung Mohammed Rashid (kiri) akan absen membela timnya pada empat laga terakhir putaran pertama Liga 1 2021/2022 karena membela timnas Palestina.

Gelandang serang Persib Bandung Mohammed Rashid (kiri) akan absen membela timnya pada empat laga terakhir putaran pertama Liga 1 2021/2022 karena membela timnas Palestina.

Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Robert Alberts memainkan tiga gelandang saat Rashid absen karena membela Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung terpaksa bermain tanpa gelandang asingnya Mohammed Rashid dalam lanjutan Liga 1 2021/2022. Rashid membela tim nasional Palestina pada ajang FIFA Arab Cup 2021 dan absen dalam empat laga terakhir Maung Bandung pada putaran pertama ini. Termasuk saat Persib melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12).

Pelatih Persib Robert Rene Alberts sempat membuat beberapa skema untuk mengantisipasi kepergian Rashid. Sebab kepergian gelandang produktif ini diakui pelatih asal Belanda tersebut memengaruhi permainan timnya.

Baca Juga

"Saat ini Rashid sedang menikmati permainannya di Arab Cup dan dia mencetak gol fantastis saat menghadapi Arab Saudi. Rashid juga mulai menunjukkan diri sebagai bagian penting bagi tim ini," kata Robert dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (7/12).

Sempat beberapa kali mengganti formasi permainan, kini Robert menerapkan skema tiga gelandang. Formasi ini dinilai cocok bagi Maung Bandung. Terbukti saat Persib menang atas Madura United pada Sabtu (4/12) kemarin.

"Tentu kami tidak bisa menduplikasi Rashid dengan pemain lain jadi kami harus membuat keseimbangan yang bagus ketika dia absen. Saya rasa kami mendapatkan keseimbangan, mengacu pada laga sebelumnya kami mulai bisa menguasai bola," kata Robert.

Hal ini pun membuktikan tim memiliki ketangguhan tidak hanya dari jumlah pemain, melainkan juga skema yang digunakan. Namun di balik itu, Robert menekankan bahwa yang terpenting dalam tim adalah motivasi untuk bisa merebut poin penuh di setiap laga.

"Ini semua tentang karakter dan dengan determinasi untuk untuk memenangkan pertandingan dan hal lain akan mengikutinya," kata Robert.

Salah satu opsi lain yang dipilih Roberts adalah memainkan Frets Butuan dan Beckham Putra Nugraha dibandingkan menurunkan striker asing mereka, Geoffrey Castillion. Robert menegaskan, punya pilihan sendiri dalam menurunkan starting line up timnya.

"Frets layak diturunkan, dia termotivasi. Beckham juga pemain yang bagus meskipun masih butuh mengukuhkan diri sebagai pemain profesional tapi dia sudah ada di jalur yang tepat," kata Robert.

"Jika kami kembali tampil dengan kombinasi dan sistem tersebut, pemain seperti Geoffrey tidak mempunyai tempat saat ini. Tapi itu normal, Geoffrey juga tetap berkontribusi bagi tim, saat dia masuk di babak kedua," kata Robert.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile