Rabu 08 Dec 2021 20:29 WIB

VW Perluas Kolaborasi Amankan Pasokan Baterai EV

VW berencana mendirikan usaha patungan untuk memasok pabrik sel berbahan katoda.

Red: Friska Yolandha
Pabrik Volkswagen. Pabrikan mobil Jerman Volkswagen (VW) memperluas kolaborasinya dengan sejumlah pihak sebagai bagian dari upaya mengamankan pasokan berkelanjutan baterai untuk kendaraan listrik (EV) di masa mendatang.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Pabrik Volkswagen. Pabrikan mobil Jerman Volkswagen (VW) memperluas kolaborasinya dengan sejumlah pihak sebagai bagian dari upaya mengamankan pasokan berkelanjutan baterai untuk kendaraan listrik (EV) di masa mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan mobil Jerman Volkswagen (VW) memperluas kolaborasinya dengan sejumlah pihak sebagai bagian dari upaya mengamankan pasokan berkelanjutan baterai untuk kendaraan listrik (EV) di masa mendatang. Baru-baru ini, Volkswagen menjalin kemitraan dengan tiga mitra baru yakni Umicore, spesialis baterai 24M Technologies, dan perusahaan teknologi bersih Vulcan Energy Resources Ltd.

"Volkswagen menerapkan strategi baterainya dengan sangat konsisten dan dengan kecepatan tinggi. Sel terpadu Volkswagen harus menjadi yang terdepan dalam kinerja, biaya, dan keberlanjutan sejak awal. Dengan mitra baru kami, kami selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan ini," kata Thomas Schmall, anggota dewan manajemen Grup Volkswagen dalam pernyataan resmi, dikutip Rabu (8/12).

Baca Juga

Meskipun ketiga kemitraan ini independen satu sama lain, mereka memiliki tujuan yang sama, yakni industrialisasi teknologi baterai dan volume produksi bahkan lebih berkelanjutan, baterai mutakhir. 

Grup Volkswagen secara konsisten menerapkan peta jalan teknologinya untuk pengembangan internal dan produksi sel baterai, seperti yang dipresentasikan pada Power Day awal tahun ini. Di Eropa saja, grup otomotif ini berencana untuk membangun enam gigafactories pada tahun 2030.

Dengan perusahaan spesialis mobilitas bersih Umicore, VW berencana untuk mendirikan usaha patungan yang dirancang untuk memasok pabrik sel Volkswagen AG dengan bahan katoda. Untuk Volkswagen AG, ini adalah langkah logis berikutnya menuju integrasi vertikal rantai pasokan, setelah memutuskan untuk menyiapkan produksi in-house sel terpadu skala besar.

Tujuannya adalah untuk secara bertahap meningkatkan kapasitas produksi perusahaan patungan, mulai tahun 2025 dengan produksi awal 20 GWh untuk gigafactory Volkswagen di Salzgitter, Jerman. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai kapasitas produksi tahunan hingga 160 GWh pada akhir dekade ini atau kapasitas produksi tahunan untuk memberi daya sekitar 2,2 juta BEV.

Guna mengembangkan teknologi produksi mutakhir untuk pabrik selnya, Volkswagen AG berinvestasi ke baterai start-up 24M yang berbasis di Cambridge, sebuah spin-off dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Tujuannya adalah untuk mengindustrialisasikan teknologi 24M, proses semi-padat yang merupakan peningkatan dari proses pelapisan kering, di bidang baterai otomotif.

Targetnya adalah untuk menghasilkan optimalisasi biaya yang cukup besar dalam produksi baterai di masa depan, dengan mengurangi penggunaan material dan menghilangkan beberapa langkah dari proses produksi konvensional. 

Sementara dengan Vulcan Energy Resources Ltd, VW berfokus pada penyediaan lithium hidroksida selama periode lima tahun mulai 2026. Produk ini akan berkontribusi untuk mengamankan permintaan Volkswagen untuk produksi sel in-house di masa depan baik di Jerman dan Eropa. Aspek lebih lanjut dari kemungkinan kemitraan strategis sedang dalam negosiasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement