Ahad 12 Dec 2021 11:46 WIB

Xavi Sebut Para Pemain Barcelona Punya Masalah Psikologis

Xavi menilai skuad Barca saat ini tak punya keberanian.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Barcelona Xavi (kanan) bereaksi selama pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara Bayern Munich dan FC Barcelona di Munich, Jerman,  Kamis (9/12) dini hari WIB.
Foto: AP/Matthias Schrader
Pelatih kepala Barcelona Xavi (kanan) bereaksi selama pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara Bayern Munich dan FC Barcelona di Munich, Jerman, Kamis (9/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Barcelona tersingkir dari Liga Champions, setelah kalah 0-3 dari Bayern Muenchen tengah pekan lalu. Xavi Hernandez mengeklaim timnya menghadapi masalah mental. Mantan kapten Barcelona itu mengungkapkan, ia dan staf pelatihnya berusaha untuk mengangkat semangat timnya, dan mengingatkan para pemain tentang tujuan klub.

''Ini adalah masalah psikologis daripada masalah sepak bola. Mereka harus mempercayainya dan itu adalah tugas saya. Kami mendorong mereka untuk berani dan berani. Anda harus membidik keunggulan,'' ungkap Xavi, dikutip dari Marca, Ahad (12/12).

Baca Juga

Keberanian menjadi aspek yang hilang dalam skuad Barcelona saat ini. Pemain harus berani berpikir mencapai sesuatu yang tinggi. Dengan menjadi berani dan memahami permainan, lanjut dia, Barcelona tidak akan jauh dari tujuan. Menurutnya, Memphis Depay cs memiliki level untuk bersaing dan memenangkan gelar.

Kekalahan dari Bayern Muenchen juga tidak terlepas dari aspek psikologis, dan itu jadi pertanda ada sesuatu yang hilang dari klub asal Catalan tersebut. Xavi menyadari masalah keuangan yang dihadapi Barcelona. Ia juga telah berdiskusi dengan petinggi klub soal pembelian pemain di bursa transfer musim dingin. 

''Tim harus selalu berkembang. Ada pasar dan itu adalah peluang. Ada banyak komunikasi. Itu adalah pertemuan yang sangat produktif,'' kata dia.

 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَا يَكُوْنُ مِنْ نَّجْوٰى ثَلٰثَةٍ اِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ اِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَآ اَدْنٰى مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْثَرَ اِلَّا هُوَ مَعَهُمْ اَيْنَ مَا كَانُوْاۚ ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوْا يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ اِنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ
Tidakkah engkau perhatikan, bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempatnya. Dan tidak ada lima orang, melainkan Dialah yang keenamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti ada bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari Kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Mujadalah ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement