Selasa 21 Dec 2021 15:24 WIB

Festival 7 Sungai, Wujud Syukur dan Daya Tarik Desa Wisata Cibuluh Subang

Cibuluh punya potensi wisata alam memikat, ada gunung, air terjun, dan muara sungai.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Salah satu rangkaian Festival 7 Sungai di Desa Wisata Cibuluh Subang, yakni cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan.
Foto: Dok. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa C
Salah satu rangkaian Festival 7 Sungai di Desa Wisata Cibuluh Subang, yakni cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Desa Wisata Cibuluh memiliki potensi wisata alam yang memikat, mulai dari alam pegunungan, air terjun, hingga muara sungai dari tujuh aliran sungai. Untuk menarik minat wisatawan sekaligus mensyukuri alam yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjung Siang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, menggelar atraksi wisata Festival 7 Sungai, yang berlangsung Sabtu (18/12) dan Ahad (19/12).

Tahun ini menjadi tahun keenam penyelenggaraan Festival 7 Sungai. Festival ini merupakan atraksi wisata yang menarik diambil dari budaya masyarakat setempat dalam mencari nafkah, seperti bertani dan mencari ikan.

Baca Juga

Selama rangkaian Festival 7 Sungai ditampilkan berbagai kesenian dan budaya untuk menarik wisatawan. Di antara yang menarik dari rangkaian Festival 7 Sungai adalah bagaimana cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan. Dipusatkan di Sungai Cipunegara, acara festival ini berlangsung seru, meriah, namun juga tetap khidmat.

"Di acara ini wisatawan diperkenalkan dengan budaya sungai, budaya bercocok tanam, budaya kesenian, dan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa. Kali ini wisatawan disuguhkan dengan atraksi menangkap ikan," ujar Mang Udan, Kordinator Pokdarwis Kecamatan Tanjung Siang, Subang.