Kamis 30 Dec 2021 05:35 WIB

Tuntunan Islam Memerangi Kelaparan

Setiap orang harus bekerja dengan produktif untuk memenuhi kebutuhannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tuntunan Islam Memerangi Kelaparan
Foto:

4. Seperti dijelaskan dalam Surah Al-Mulk ayat 15. Allah SWT berfirman, "Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

5. Penjelasan berikutnya ada di dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Ka'b bin Ujrah, bahwa seorang pria melewati Nabi SAW. Ketika para sahabat melihat kekuatan dan energinya, mereka berkata, "Andai saja dia menggunakan kekuatan seperti itu di jalan Allah."

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Jika dia keluar untuk mendapatkan roti untuk anak-anak kecilnya, maka itu di jalan Allah. Jika dia keluar untuk mencari nafkah untuk orang tuanya yang sudah lanjut usia, maka itu di jalan Allah. Jika dia keluar untuk membuat dirinya merasa senang, (untuk melindungi dirinya dari keburukan atau keinginan yang terlarang), maka itu di jalan Allah. Tetapi jika dia keluar untuk pamer dan menyombongkan (kekuatannya), maka itu di jalan setan." (Dishahihkan Al-Albani)

6. Berikutnya, agar seseorang terhindar dari kelaparan dan jauh dari sikap meminta-minta, hadits berikut ini bisa menjadi perenungan. Al-Miqdam RA meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak ada yang pernah makan makanan yang lebih baik daripada yang diperoleh dengan bekerja dengan tangannya sendiri. Nabi Allah, Daud, biasa makan dari hasil kerjanya sendiri." (HR Bukhari)

7. Dalam riwayat Zubair bin Awwam, Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya seseorang dari kalian pergi mencari kayu bakar yang dipikul di atas pundaknya itu lebih baik daripada meminta-minta kepada orang lain, baik diberi atau tidak." (HR Bukhari)

8. Rasulullah SAW juga pernah bersabda ihwal mudahnya memperoleh rezeki. Dari Umar bin Khattab RA, Nabi SAW bersabda, "Jika kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi rezeki sebagaimana rezeki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang." (HR Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

https://aboutislam.net/shariah/hadith/hadith-collections/islam-fights-hunger-30-verses-hadiths/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement