Ahad 02 Jan 2022 11:46 WIB

Kebiasaan yang Bisa Membuat Anda Lebih Mudah Tertular Covid-19

Ada banyak hal yang dapat membuat seseorang lebih mudah tertular Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan yang bisa membuat Anda lebih mudah tertular Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Kebiasaan yang bisa membuat Anda lebih mudah tertular Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mungkin membuat sebagian orang merasa jenuh dengan protokol kesehatan. Situasi ini dapat membuat orang-orang melakukan hal-hal yang justru membuat mereka lebih berisiko terhadap penularan Covid-19.

Pada dasarnya, ada banyak hal yang dapat membuat seseorang lebih mudah tertular Covid-19. Sebagian di antaranya adalah hal yang berkaitan dengan kondisi kesehatan seperti memiliki komorbid atau sistem imun yang lemah.

Baca Juga

Seseorang dengan komorbid atau penyakit penyerta memiliki kemungkinan lebih besar untuk tertular Covid-19. Komorbid juga akan membuat pasien Covid-19 lebih berisiko mengalami gejala berat dan bahkan kematian. Beberapa contoh komorbid yang dapat memperberat Covid-19 adalah penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan kronis, kanker, atau diabetes.

Sistem imun yang rendah juga dapat membuat proses infeksi Covid-19 menjadi lebih mudah terjadi. Salah satu cara untuk memelihara sistem imun adalah dengan cara mengadopsi pola hidup sehat.