Rabu 05 Jan 2022 17:45 WIB

Rumah Zakat Bersama Pemerintah Desa Pajengkolan Gelar Layanan Home Care Lansia

Layanan home care bertujuan sebagai bentuk kepedulian memeriksa kesehatan lansia

Red: Gita Amanda
Rumah Zakat mengadakan Pelayanan Home Care kepada para lansia yang berada di Desa Pejengkolan, Kebumen pada Jumat (24/12/2021).
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat mengadakan Pelayanan Home Care kepada para lansia yang berada di Desa Pejengkolan, Kebumen pada Jumat (24/12/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Rumah Zakat mengadakan Pelayanan Home Care kepada para lansia yang berada di Desa Pejengkolan, Kebumen pada Jumat (24/12/2021). Pelayanan ini dilakukan dengan mengadakan home visit ke beberapa rumah lansia (lanjut usia).

Pelayanan ini dihadiri oleh relawan Rumah Zakat, dokter umum UPTD Puskesmas Padureso, Kepala Desa Pejengkolan, Bidan Desa Pejengkolan dan kader posyandu. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian memeriksa kesehatan dan kondisi lanjut usia yang saat ini memiliki riwayat penyakit stroke, hipertensi, hingga kepikunan.

Baca Juga

Para lansia ini sudah tidak bisa berjalan untuk pergi ke fasilitas kesehatan. Ada 7 lansia yang tersebar diberbagai RT yang mendapatkan layanan home visit.

Ketujuh lansia ini sudah tidak memiliki kegiatan fisik. Setiap harinya mereka hanya beraktivitas di kamar tidur sambil melawan penyakit yang mereka derita serta meminta bantuan kepada anggota keluarganya.

Setiap lansia dicek kesehatannya yang meliputi cek tensi dan detak jantung oleh dokter UPTD Puskesmas Padureso. Bidan Desa pun turut serta memberikan penyuluhan mengenai perawatan sehari-hari bagi lansia.

“Seluruh lansia yang saya cek tensi darah hasilnya hipertensi semua. Hal ini yang harus diperhatikan oleh anggota keluarga yang merawatnya. Hindari makanan yang asin, perbanyak sayur dan buah, hindari konsumsi teh maupun minuman yang berkafein,” jelas Dokter Putri.

Relawan Rumah Zakat Sobiin turut memberikan bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang

terdiri atas Minyak goring, gula pasir, teh, roti roma, abon, buah pir, buah apel, telur, dan susu kambing. “Harapan saya dengan adanya program home visit dari rumah zakat lansia yang sudah tidak bisa mengunjungi faskes bisa tetap bisa terpantau kondisi kesehatannya. Semoga para lansia diberi

kekuatan, kesabaran dalam menghadapi penyakit yang mereka derita. Semoga para lansia lekas sembuh,” ucap Sobiin.

“Program Rumah Zakat ini sangat bermanfaat dan membantu para lansia agar tetap semangat melawan penyakit yang diderita. Saya berharap semoga program ini terus berkelanjutan untuk ke depannya,” ungkap Wahyu Hartanti, Bidan Desa Pejengkolan.

“Saya mewakili pemerintah Desa mengucapkan terima kasih kepada donatur Rumah Zakat yang telah memberdayakan desa kami diberbagai bidang, terutama kegiatan saat ini dibidang kesehatan,” pungkas Muslimah, Kepala Desa Pejengkolan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement