Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

4 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lagi Cemas dan Depresi, Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini

Kamis 06 Jan 2022 10:43 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Roti bakar termasuk salah satu makanan yang dapat membuat kadar gula darah meningkat cepat. Fluktuasi kadar gula darah yang terjadi dengan cepat dapat memberikan pengaruh negatif bagi kecemasan dan depresi.

Roti bakar termasuk salah satu makanan yang dapat membuat kadar gula darah meningkat cepat. Fluktuasi kadar gula darah yang terjadi dengan cepat dapat memberikan pengaruh negatif bagi kecemasan dan depresi.

Foto: pixabay
Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga dapat memperburuk kecemasan-depresi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan makanan dan minuman tak hanya dapat memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Memilih jenis makanan dan minuman yang salah saat cemas atau depresi misalnya, dapat memperburuk kondisi tersebut.

Setidaknya, ada enam jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tak dikonsumsi agar tidak memperburuk cemas dan depresi. Berikut ini adalah keenam jenis makanan dan minuman tersebut, seperti dilansir WebMD, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga

Soda dan soda diet

Minuman soda diketahui dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan tak memiliki nilai gizi. Di samping itu, minuman bergula seperti soda juga memiliki hubungan langsung dengan depresi.

Dampak serupa juga dapat ditimbulkan soda diet. Studi mengungkapkan, soda diet bisa membuat seseorang merasa lebih murung dibandingkan soda biasa. Asupan kafein dari soda yang dapat memberikan efek kurang baik bagi kecemasan.

Roti bakar

Roti bakar yang dibuat dari roti putih memang lezat. Akan tetapi, kandungan tepung putih olahan pada roti dapat membuat kadar gula darah meningkat dengan cepat. Fluktuasi kadar gula darah yang terjadi dengan cepat dapat memberikan pengaruh negatif bagi kecemasan dan depresi. Bila ingin mengonsumsi roti bakar, gunakan roti gandum.

Saus tomat

Dalam satu sendok makan saus tomat bisa terdapat sekitar 4 gram gula. Saus tomat versi "light" juga biasanya mengandung pemanis buatan.

Baik asupan gula atau pemanis buatan berlebih berkaitan dengan kecemasan dan depresi. Salsa tomat dapat menjadi alternatif yang lebih baik ketika cemas atau depresi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile