Ahad 23 Jan 2022 19:29 WIB

Siaran Langsung Kapsul Dragon SpaceX Lepas Landas di ISS

Kapsul pembawa hasil penelitian akan tercebur ke laut pada Senin malam.

Rep: ANTARIKSA/ Red: Partner
.
Foto: network /ANTARIKSA
.

Kapsul Dragon SpaceX. Foto: NASA
Kapsul Dragon SpaceX. Foto: NASA

ANTARIKSA -- Kapsul Dragon milik SpaceX akan lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) malam ini, Ahad, 23 Januari 2022 waktu Indonesia. Pemisahan kapsul kargo akan dimulai sekitar pukul 22.40 WIB atau pukul 10.40 EST untuk perjalanan kembali ke Bumi.

Perjalanan malam ini adalah penjadwalan ulang kepulangan kapsul Dragon. Sedianya, kapsul yang akan membawa ribuan kilogram hasil penelitian ilmiah di stasiun luar angkasa, memulai perjalanan pada Sabtu, 22 Januari malam WIB. Namun, perjalanan itu harus ditunda.

SpaceX mengatakan, penundaan dilakukan karena cuaca buruk di lokasi pendaratan kapsul Dragon, yaitu Teluk Meksiko di lepas pantai Florida, sepanjang Ahad (jadwal dragon meluncur ke laut). Penundaan hanya dilakukan sehari hingga malam ini atau pagi di wilayah Eastern Standard Time.

Untuk Anda yang ingin melihat langsung bagaimana kapsul Dragon milik peruhasaan Elon Musk lepas landas, NASA mengumumkan siaran langsunya. Live ditayangkan di (klik) TV NASA mulai pukul 22.15 WIB.

"Cakupan pembongkaran Kapal Kargo SpaceX CRS-24 dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (Pembongkaran dijadwalkan pada 10.40 EST)," tulis laman resmi NASA.

Jika sesuai jadwal, kapsul Dragon akan tercebur ke laut pada Senin malam atau Selasa pagi. Namun, hal itu tidak akan disiarkan langsung.

Baca:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement