Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

IHW Dorong LPH di Perguruan Tinggi Punya Laboratorium

Kamis 17 Feb 2022 17:20 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Ikhsan Abdullah (kiri), di sela kunjungan ke rumah tempe A Zaki, Jumat (12/6).

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Ikhsan Abdullah (kiri), di sela kunjungan ke rumah tempe A Zaki, Jumat (12/6).

Foto: Dok. Ist
Gagasan membuat LPH di perguruan tinggi sudah lama disampaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di perguruan tinggi memiliki laboratorium sendiri. Sebelumnya, sebanyak 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Farmalab untuk mempercepat terwujudnya LPH PTKIN se-Indonesia.

 

Direktur Eksekutif IHW, Ikhsan Abdullah, mengatakan, gagasan membuat LPH di perguruan tinggi sudah lama disampaikan, IHW juga ikut di dalamnya sekitar tiga tahun yang lalu. Saat itu ada keinginan bersama untuk mendongkrak kemajuan sertifikasi halal di Indonesia yang jumlah produknya jutaan.

Baca Juga

"Untuk itu kita ingin mendongkrak dan mendandani perguruan tinggi negeri untuk menjadi lembaga pemeriksa halal. Ide dan semangatnya untuk memenuhi kebutuhan LPH yang waktu itu hanya ada satu LPH yakni LPPOM MUI," kata Ikhsan kepada Republika, Kamis (17/2/2022).

Ia mengatakan, sekarang banyak perguruan tinggi yang sudah memiliki laboratorium yang sudah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Tapi masalahnya ada juga perguruan tinggi yang punya laboratorium dan belum terakreditasi. Bahkan ada perguruan tinggi yang sama sekali belum memiliki laboratorium.

Ia menyampaikan, masalah ini sebenarnya menjadi tugas pemerintah dan Kemenag untuk membantu perguruan tinggi yang belum memiliki laboratorium dapat segera memiliki laboratorium untuk digunakan LPH. Sehingga nanti bisa membantu LPH lain atau perguruan tinggi lain yang belum memiliki laboratorium dan ingin menjadi LPH.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile