Senin 21 Feb 2022 10:05 WIB

Pesan Kesembuhan Mengalir untuk Ratu Inggris

Warga Inggris khawatir dengan kondisi kesehatan Ratu Elizabeth yang berusia 95 tahun.

Rep: Dwina agustin/ Red: Friska Yolandha
Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19.
Foto: Steve Parsons, Pool via AP
Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, WINDSOR -- Berita bahwa Ratu Inggris Elizabeth II telah dites positif Covid-19 menarik kejutan, kekhawatiran, dan pesan niat baik dari seluruh negeri pada Ahad (20/2/2022). Politisi dan publik menginginkan sosok berusia 95 tahun itu untuk pulih.

Pada hari yang basah dan berangin kencang, beberapa pengunjung berkumpul di gerbang Kastil Windsor tempat Ratu menerima perawatan medis untuk gejala ringan. Sedangkan warga lainnya, menyampaikan dukungan secara daring dan papan pesan di London Underground mendesak Ratu untuk lebih santai.

Baca Juga

Banyak yang mengatakan terganggu oleh berita itu setelah raja terlama di dunia itu mengundurkan diri dari sejumlah acara terkenal. Dia pun menghabiskan malam di rumah sakit Oktober lalu, memicu kekhawatiran tentang kesehatannya.

Bagi warga Inggris bernama Gerard Smith yang berusia 19 tahun, berita Ratu positif Covid-19 mengejutkan. "Semua orang mencintainya," katanya.

"Dia tidak bisa berbuat salah pada siapa pun. Dia ada di sana sepanjang hidup saya dan hampir semua orang seumur hidup. Sedih mendengarnya. Semoga dia berhasil melewatinya," katanya.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memimpin tanggapan resmi pemerintah Inggris. Dia berbicara atas nama bangsa untuk kesembuhan Ratu dan dapat cepat kembali ke kesehatan yang prima.

Pemimpin oposisi Keir Starmer berkata: "Cepat sembuh Bu." Banyak politisi lain hanya mencicit, "God Save The Queen".

Dukungan luas untuk Ratu mengikuti peringatan awal bulan ini ketika dia diam-diam menandai 70 tahun di atas takhta, penguasa Inggris pertama yang melakukannya.

Istana Windsor mengatakan Ratu menunjukkan gejala ringan dan diperkirakan akan melanjutkan tugas ringan selama minggu mendatang. Sejalan dengan itu, Ratu merilis pernyataan tak lama kemudian memuji tim curling putri Inggris atas medali emas Olimpiade di Beijing.

"Saya tahu bahwa komunitas lokal Anda dan orang-orang di seluruh Inggris akan bergabung dengan saya dalam mengirimkan harapan baik kami kepada Anda, pelatih Anda, dan teman serta keluarga yang telah mendukung Anda dalam kesuksesan besar Anda," kata Ratu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement