Jumat 04 Mar 2022 07:17 WIB

Pemain Muda Persija Manfaatkan Momen Hari Raya Nyepi untuk Istirahat

Persija bersiap menghadapi Bali United pada Ahad (6/3/2022).

Red: Israr Itah
Pesepak bola Persija Jakarta Taufik Hidayat (tengah).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pesepak bola Persija Jakarta Taufik Hidayat (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemain muda Persija memanfaatkan momen perayaan Hari Raya Nyepi di Bali, Kamis (3/3), untuk beristirahat. Mereka ingin meningkatkan kondisi fisik sebelum laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2021-2022 kontra Bali United, Ahad (6/3/2022).

"Saya memanfaatkan momen ini untuk beristirahat agar kondisi lebih fit lagi. Toh, kami tidak bisa beraktivitas seperti biasanya karena harus menghargai tradisi Hari Raya Nyepi," ujar penyerang Macan Kemayoran berusia 21 tahun, Taufik Hidayat, dikutip dari laman Persija di Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga

Selain Taufik, rekan setimnya yang berposisi bek kanan Ilham Rio Fahmi (20 tahun) juga melakukan serupa. Ilham Rio dan Taufik ingin mempertahankan performa terbaik mereka lantaran laga melawan Bali United penting setelah Persija ditundukkan Persib 0-2 pada 1 Maret 2022.

Namun, kedua pemain tersebut juga tidak lupa menikmati suasana perayaan Hari Raya Nyepi di Bali, sesuatu yang baru pertama kali mereka rasakan sepanjang hidup. Suasana Bali yang hening dan tanpa aktivitas selama Nyepi menjadi pengalaman unik baik bagi Ilham maupun Taufik.

"Saya baru merasakan Nyepi di Bali dan ini unik. Saya mendapatkan pengalaman baru," kata Ilham Rio.

Pesepak bola binaan akademi Persija tersebut sama sekali tidak keberatan mengikuti kebiasaan pemeluk agama Hindu dalam Nyepi. "Saya sebagai pendatang harus bisa mengikuti adat di Bali. Hikmahnya, kami bisa menumbuhkan rasa toleransi antarumat beragama, bagaimana kami harus menghargai perayaan pemeluk agama lain," tutur Ilham Rio.

Persija akan melawan Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2021-2022 pada Ahad di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, mulai pukul 20.45 WIB. Persija membutuhkan tiga angka dari pertandingan tersebut lantaran mereka tengah memburu target menempati posisi ketiga klasemen akhir Liga 1 musim ini.

Namun, upaya menuju ke sana masih berliku untuk Marko Simic dan kawan-kawan sebab meraka masih berada di posisi ketujuh klasemen sementara dengan koleksi 38 poin dari 27 laga. Adapun Bali United merupakan pimpinan klasemen dengan 60 poin dari 28 pertandingan. Tim berjuluk Serdadu Tridatu ini belum terkalahkan pada 11 laga terakhirnya di Liga 1 Indonesia 2021-2022, dengan rincian cuma satu kali kalah dan sisanya berakhir dengan kemenangan. 

Berdasarkan catatan, sejak tahun 2019, Persija selalu kalah pada tiga pertemuannya dengan Bali United.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement