Selasa 08 Mar 2022 14:45 WIB

Jadi Persoalan Pelik, Jabar Hasilkan 24 Ribu Ton Sampah Sehari

Perlu ada perubahan paradigma pengelolaan sampah yang mengakar dari hulu ke hilir.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Petugas mengoperasikan alat berat untuk mengurai sampah di tempat pembuangan akhir sampah Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (19/2/2022).
Foto: Antara/Novrian Arbi
Petugas mengoperasikan alat berat untuk mengurai sampah di tempat pembuangan akhir sampah Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (19/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sampah di Jawa Barat masih menjadi persoalan pelik. Penyebabnya, karena tingginya produksi sampah yang mencapai 24 ribu ton per hari.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun berupaya mengatasi masalah persampahan lewat sejumlah terobosan. "Soalnya dalam satu hari ada 24 ribu ton sampah ada di Jabar harus kita selesaikan. Sementara (target) pengurangan yang 30 persen di antaranya 2025 kenyataannya sekarang baru 5 sampai 10 persen yang bisa kurangi," ujar Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat Prima Mayaningtyas dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Bandung, Selasa (8/3/2022).

Prima mengatakan, angka 24 ribu ton/hari harus segera diselesaikan, terutama dari sumbernya yang banyak berasal dari rumah tangga. Dari TPS Sarimukti saja, sampah Bandung Raya mencapai 2.000 ton/hari.

"Jadi kita tidak hanya memperingati HSN, tapi kita berharap kepedulian masyarakat untuk membantu menyelesaikan urusan sampah ini, kita yang produksi sampah kita juga yang menyelesaikan," katanya.

Prima berharap, salah satu kepedulian masyarakat mengolah sampah dihadirkan dengan menggandeng bank sampah yang jumlahnya di Jabar terus bertambah. "Sudah 1.616 bank sampah di Jabar menyelesaikan juga pemilahan sampah dan digunakan kembali," katanya.

Menurut Prima, keberadaan bank sampah bisa menghadirkan siklus ekonomi. Namun, karena warga di level RT belum berkoordinasi secara terpadu, dari 1.616 yang aktif hanya beberapa. Untungnya keberadaan bank sampah kini ditopang adanya sejumlah aplikasi digital pengelolaan sampah.

“Dari 1.616 belum semua aktif yah, ada up and down, ada yang sekarang timbul dan hilang. Kami kolaborasi dengan platform digital, ada Octopus, Greeny, Mysmah itu paling besar dan kita gunakan digital itu," katanya.

Prima berharap, keberadaan bank sampah yang kini sudah terhimpun dalam Asosiasi Bank Sampah Indonesia bisa mengelola sampah hingga 30 persen. Saat ini, bank sampah baru sanggup mengelola 10-15 persen sampah.

"Kami sediakan bank sampah itu kalau bisa RT ada kordinasi dengan bank sampah setempat kita sudah sebar dan coba koordinasi dan apalagi ada aplikasi. Hanya saja siapa yang koordinasi," katanya.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, perlu ada perubahan paradigma pengelolaan sampah yang mengakar dan terpadu dari hulu ke hilir. "Agar dapat memberikan manfaat ekonomi, sumber daya dan lingkungan yang lebih sehat," katanya 

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Taufiq BS, gubernur mengatakan pertambahan jumlah penduduk, perubahan konsumsi masyarakat hingga pandemi Covid-19 membuat timbulan sampah di Jabar makin bertambah.

“Tahun 2020 jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 49,9 juta jiwa dengan timbulan sampah yang mencapai 24,790 juta ton per hari dengan komposisi sampah sisa makanan, plastik dan kertas karton,” katanya.

Sumber utama sampah plastik,  menurutnya berasal dari kemasan (packaging) makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya.

“Dari total timbulan sampah plastik, yang telah didaur ulang diperkirakan baru 10-15 persen saja. Sisanya, sebanyak 60-70 perse  ditimbun di TPA dan 15-30 persen belum terkelola dan terbuang ke lingkungan,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement