Jumat 11 Mar 2022 16:46 WIB

Patung BJ Habibie Direncanakan akan Dibangun di Cibiru

Patung setinggi enam meter tersebut nilainya Rp 28,5 miliar.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andi Nur Aminah
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna
Foto: Humas Pemkot Bandung
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung berencana membangun monumen dan patung tematik di sejumlah gerbang masuk Kota Bandung. Salah satunya adalah patung Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie. Patung ini rencananya akan dibangun di kawasan Bunderan Cibiru. Patung yang akan dibangun setinggi enam meter itu dikabarkan juga akan dilengkapi dengan patung pesawat terbang. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan rencana ini sejatinya telah digagas sejak kepemimpinan mendiang Oded M Danial, Mantan Wali Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung, kata Ema juga telah melakukan pembahasan dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertahanan dan Pertamanan terkait perealisasian rencana tersebut. 

Baca Juga

I Nyoman Nuarta, seniman yang akan bertanggung jawab dalam projek ini, juga telah mengirimkan desain ciptaannya kepada Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ema mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan dan revitalisasi kawasan Bunderan Cibiru berkisar senilai Rp 28,5 miliar. 

"Kan nilai seni agak sulit untuk diukur apalagi dengan material yang luar biasa. Revitalisasi kawasan Bunderan Cibiru ini karena melihat dari berbagai aspek yang bisa mengubah opini kesan bahwa kawasan itu mohon maaf kesannya semrawut. Jadi, kami ingin tata," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jumat (11/3/2022).