Selasa 15 Mar 2022 17:34 WIB

Dari Handuk, Infeksi Jamur Bisa Menyebar

Handuk basah adalah tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan virus.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Handuk. Infeksi jamur, virus, dan bakteri dapat menyebar lewat penggunaan handuk.
Foto: www.freepik.com.
Handuk. Infeksi jamur, virus, dan bakteri dapat menyebar lewat penggunaan handuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi kedokteran keluarga, Melinda Ratini, menyebutkan bahwa handuk basah adalah tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan virus. Menyeka kulit dengan handuk mandi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, misalnya "jock itch" alias gatal di bagian selangkangan.

Jock itch atau dikenal sebagai tinea cruris adalah infeksi jamur yang utamanya memengaruhi selangkangan dan paha bagian dalam. Penderitanya akan mengalami gatal dan ruam merah, terkadang berbentuk seperti cincin.

Baca Juga

"Gatal di selangkangan biasanya dimulai dengan area kulit yang memerah di lipatan selangkangan," kata Mayo Clinic. dilansir laman Express.co.uk, Selasa (15/3/2022).

Ruam cenderung menyebar ke paha atas dalam berbentuk setengah bulan dan garis lepuh kecil. Jenis infeksi jamur ini dapat menyebar dari orang ke orang jika mereka berbagi handuk. Jock itch biasanya disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan kutu air.

"Infeksi sering menyebar dari kaki ke selangkangan karena jamur dapat menyebar di tangan atau handuk," kata Mayo Clinic dalam penjelasannya.

Jika pernah mengalami kutu air, keringkan kaki untuk mencegah infeksi menyebar ke daerah selangkangan. Jika sudah telanjur menderita gatal di selangkangan, salep antijamur yang dijual bebas dapat menghilangkan infeksi.

"Jika kita juga menderita kutu air, biasanya diobati bersamaan dengan gatal di selangkangan untuk mengurangi risiko munculnya ruam kembali," kata para ahli.

Jika infeksi tidak hilang dengan pengobatan yang dijual bebas, maka krim, salep, atau pil dengan resep dokter mungkin diperlukan. Bicaralah dengan dokter jika perlu mendapatkan resep untuk kedua infeksi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement