Rabu 16 Mar 2022 11:43 WIB

'Titik Balik': Perang di Ukraina Menguji Hubungan AS-China yang Goyah

Sikap Beijing terhadap invasi Rusia ke Ukraina dapat menentukan hubungan masa depan dengan Washington, kata para analis.

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
.

Kerusakan perang Rusia-Ukraina.
Kerusakan perang Rusia-Ukraina.

Washington, DC – Dalam beberapa hari terakhir, beberapa pejabat tinggi di Amerika Serikat telah mengecilkan hati China untuk mendukung Rusia dalam perangnya di Ukraina, di tengah laporan bahwa Moskow telah meminta bantuan militer dari Beijing.

Sementara para pejabat China telah meremehkan laporan tersebut, para ahli mengatakan kampanye tekanan publik AS di China dapat menentukan hubungan yang sudah goyah antara kedua negara untuk tahun-tahun mendatang.

“Ini berpotensi menjadi titik balik dalam hubungan AS-China,” Robert Ross, seorang profesor ilmu politik di Boston College, mengatakan kepada Al Jazeera.

Sejak Rusia melancarkan invasi habis-habisan ke Ukraina pada 24 Februari, China telah mengambil sikap netral di depan umum, mendukung pembicaraan untuk mengakhiri konflik mematikan dan mendesak “pengekangan maksimum” dan de-eskalasi.

Tetapi setelah pembicaraan selama berjam-jam antara pejabat senior AS dan China pada hari Senin, Washington memperingatkan Beijing tentang "konsekuensi" jika memberikan bantuan militer atau keuangan ke Moskow. Peringatan itu datang setelah media AS, mengutip pejabat Amerika yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa Rusia telah meminta bantuan militer dari China—tuduhan yang tampaknya dibantah oleh Beijing.

Para pejabat AS telah berulang kali menekankan bahwa Rusia menghadapi kemunduran dalam invasinya, meskipun pemboman terus-menerus terhadap kota-kota Ukraina. Perang telah mendorong lebih dari tiga juta orang meninggalkan Ukraina sejauh ini, menurut PBB.

Ross mengatakan jika China memutuskan untuk mendukung upaya perang Rusia di Ukraina, AS akan merespons dengan membatasi hubungan ekonomi dengan China, serta mengizinkan “anggaran militer AS yang jauh lebih besar untuk berurusan” dengan Beijing.

“Orang China menghadapi keputusan apakah mereka ingin bersekutu dengan Rusia atau tidak – melawan Eropa dan Amerika Serikat – dan jika mereka melakukannya, mereka juga akan mendorong Amerika Serikat untuk memperlakukan China sebagai salah satu musuh utamanya dan mendapatkan keuntungan darinya. konfrontasi Perang Dingin.”

Rapat tingkat tinggi

Ketegangan yang meningkat mendorong pertemuan di Roma pada hari Senin antara Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dan direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri China, Yang Jiechi.

Sullivan membuat kekhawatiran Washington "jelas" kepada Yang selama pembicaraan, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan setelah pertemuan.

“Kami mengamati dengan cermat sejauh mana RRC [Republik Rakyat China] atau negara mana pun di dunia memberikan dukungan – materi, ekonomi, keuangan, retorika, atau lainnya – untuk perang pilihan yang dilakukan Presiden [Vladimir] Putin ini. melawan Ukraina, kata Price kepada wartawan. “Dan kami telah sangat jelas – baik secara pribadi dengan Beijing, secara terbuka dengan Beijing – bahwa akan ada konsekuensi untuk setiap dukungan semacam itu.”

Seorang pejabat senior pemerintah AS kemudian mengatakan kepada wartawan dengan syarat anonim bahwa pertemuan Sullivan-Yang adalah "sesi tujuh jam yang intens".

Kantor berita milik negara China Xinhua mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan pada hari Senin bahwa "Yang menekankan bahwa pihak China dengan tegas menentang setiap kata dan perbuatan yang menyebarkan informasi palsu, atau mendistorsi dan mendiskreditkan posisi China".

Selama beberapa minggu terakhir, China abstain dari proposal Dewan Keamanan PBB yang bertujuan untuk mengutuk invasi Rusia, serta dari resolusi serupa yang disahkan di Majelis Umum PBB. Langkah Dewan Keamanan diveto oleh Rusia.

China juga baru-baru ini tampaknya memberikan kepercayaan pada tuduhan Rusia bahwa mereka telah menemukan program senjata biologis di Ukraina – tuduhan yang dibantah oleh pejabat AS, Eropa dan Ukraina sebagai bagian dari kampanye disinformasi Rusia.

Hubungan China-Rusia-AS

China dan Rusia menikmati hubungan hangat, dan pada awal Februari, kedua negara merilis pernyataan bersama yang panjang yang menegaskan kembali aliansi mereka dan menyatakan penentangan terhadap ekspansi NATO – keluhan utama Rusia yang mengarah pada invasi habis-habisan ke Ukraina.

Sementara itu, hubungan antara Washington dan Beijing telah diuji dalam beberapa tahun terakhir karena AS memprioritaskan persaingan strategis dengan China dalam kebijakan luar negerinya di bawah mantan Presiden Donald Trump, posisi yang sepenuhnya dianut oleh Joe Biden.

Di tengah upaya untuk memperbaiki hubungan AS-China, pemerintahan Biden membuat marah China ketika mendapatkan kesepakatan dengan Inggris untuk memasok Australia dengan kapal selam bertenaga nuklir tahun lalu. Biden juga telah mendorong untuk menghidupkan kembali aliansi Asia Pasifik Quad dengan India, Australia dan Jepang, dan bertemu dengan para pemimpin negara di Gedung Putih pada bulan September.

Keempat negara tersebut merilis pernyataan bersama setelah pembicaraan yang mendukung "kebebasan, terbuka, tatanan berbasis aturan, berakar pada hukum internasional dan tidak gentar oleh paksaan" dalam sebuah pesan yang jelas kepada China, yang menanggapi dengan menegur kelompok itu sebagai "eksklusif" dan mengatakan itu "ditakdirkan untuk gagal".

Ada juga ketegangan yang meningkat antara Beijing dan Washington dan sekutunya di kawasan Asia-Pasifik – termasuk di Taiwan dan Laut China Selatan, yang terakhir diklaim China hampir seluruhnya sebagai miliknya, meskipun ada klaim yang bersaing dari negara-negara lain di kawasan itu. .

Pentagon dan anggota parlemen AS dengan jelas mengutip untuk melawan China dalam meloloskan anggaran pertahanan $ 777,7 miliar tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement