Kamis 31 Mar 2022 06:27 WIB

Stefan Bradl Gantikan Marc Marquez di GP Argentina

Marc Marquez belum bisa membalap di GP Argentina usai kecelakan jelang GP Indonesia.

Red: Israr Itah
Stefan Bradl akan menggantikan Marc Marquez membalap untuk Honda di GP Argentina.
Foto: EPA/Hendrik Schmidt
Stefan Bradl akan menggantikan Marc Marquez membalap untuk Honda di GP Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Test rider Stefan Bradl ditugasi Honda untuk membalap di Grand Prix Argentina akhir pekan ini. Bradl menggantikan Marc Marquez yang sedang menjalani penyembuhan pascakecelakaan di Mandalika.

Bradl tak asing dengan motor baru Honda RC213V setelah menyelesaikan sejumlah tes pada tahun ini. Sang pembalap Jerman selalu mencetak poin dalam sembilan balapan MotoGP secara beruntun musim lalu dengan finis terbaik di peringkat kelima di Argentina.

Baca Juga

"Hal terpenting adalah mendoakan Marc yang terbaik dan semoga dia lekas pulih," kata Bradl dikutip laman resmi tim, Rabu."Sementara itu, saya akan melakukan yang terbaik untuk Honda HRC dan tim Repsol Honda menempati posisinya.

Ia mnegatakan telah menyelesaikan beberapa tes tahun ini jadi tak asing dengan Honda RC213V yang baru. Namun berlaga pada akhir pekan MotoGP menurutnya situasi yang berbeda.

"Saya memiliki kenangan manis di Argentina; saya finis kelima di sana pada 2014 dan ketujuh saat saya terakhir membalap di Termas pada 2016.Kami akan bekerja dengan tim dan menentukan rencana akhir pekan ini, saya yakin ini akan jadi akhir pekan yang sibuk," ujarnya.

Setelah dua tahun absen dari kalender karena pandemi, Argentina akan kembali menggelar MotoGP di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Sirkuit sepanjang 4,8km itu menyajikan balapan yang mendebarkan selama beberapa tahun terakhir dengan sejumlah tikungan terakhir yang menjadi tempat favorit pebalap melakukan overtaking.

Sejak kembalinya sirkuit itu ke kalender MotoGP pada 2014, Honda telah memenangi empat dari enam balapan yang digelar di Argentina.

Sementara itu, Marquez akan melanjutkan pemulihan dari penglihatan ganda yang dideritanya setelah kecelakaan saat sesi warmup Grand Prix Indonesia di Mandalika. Pembalap berusia 29 tahun itu mengalami penglihatan ganda ketika melakukan perjalanan kembali ke Spanyol dari Indonesia. Ia menderita episode serupa pada akhir musim lalu setelah gegar otak dalam kecelakaan latihan.

Honda mengatakan Marquez mengunjungi dokter matanya di Barcelona pada Senin untuk medical check-up kedua dengan "perbaikan penting" dalam kondisinya. Pembalap ini memenangi gelar antara 2013 hingga 2019, tapi kesulitan dengan kesehatannya pada tahun-tahun belakangan. Ia menepi pada musim 2020 setelah lengannya patah dan juga melewatkan empat balapan pada 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement