Selasa 05 Apr 2022 19:31 WIB

Pengadilan UEA Vonis Mati Wanita Israel Atas Kasus Narkoba

Wanita Israel yang divonis mati oleh pengadilan UEA ditangkap pada 17 Maret 2021

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Hukuman mati (ilustrasi).  Wanita Israel yang divonis mati oleh pengadilan UEA ditangkap pada 17 Maret 2021.
Foto: Republika/Mardiah
Hukuman mati (ilustrasi). Wanita Israel yang divonis mati oleh pengadilan UEA ditangkap pada 17 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI – Pengadilan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (5/4/2022) menjatuhkan hukuman mati kepada seorang wanita asal Israel atas kasus kepemilikan narkoba jenis kokain seberat setengah kilogram. Pemerintah Israel mengumumkan akan membantu warganya tersebut menghadapi kasusnya.

Wanita Israel yang divonis mati oleh pengadilan UEA itu ditangkap pada 17 Maret 2021. Dia kedapatan memiliki setengah kilogram kokain. Namun saat dibekuk, dia menyangkal bahwa barang tersebut miliknya. Menyusul vonis yang telah dijatuhkan, pengacara dari wanita tersebut dilaporkan akan mengajukan banding.

Baca Juga

Hukuman mati di UEA biasanya tidak dilaksanakan. Ia kerap diubah menjadi hukuman penjara yang panjang. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Israel mengatakan mereka telah mengetahui kasus yang menimpa warganya tersebut. “Kami menanganinya lewat misi Israel di seluruh dunia dan perwakilannya di UEA,” katanya dalam sebuah pernyataan dikutip laman Ynet News.

UEA telah melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel pada September 2020. Penandatanganan perjanjian damai dilakukan bersama Bahrain. Kesepakatan damai itu dikenal dengan nama Abraham Accords. Setelah UEA dan Bahrain, dua negara Muslim lainnya, yakni Sudan serta Maroko, turut bergabung dalam Abraham Accords.

Pada Juni tahun lalu, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid melakukan kunjungan resmi pertama ke UEA. Tujuan dari kunjungannya adalah meresmikan kedutaan besar Israel untuk negara tersebut. Lapid mengunggah foto dirinya di Twitter saat hendak bertolak ke UEA. Foto tersebut diberi judul “bersejarah”.

Sejak resmi berdamai, ratusan ribu warga Israel telah melakukan perjalanan ke UEA. Rute penerbangan Tel Aviv-Dubai menjadi salah satu rute teraktif. Selain berlibur, cukup banyak warga Israel yang datang ke UEA untuk menghadiri pertemuan bisnis bahkan menyelenggarakan pernikahan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

(QS. At-Taubah ayat 36)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement