Advertisement
Advertisement

In Picture: Wapres Ma'ruf Amin Puji Komitmen Pemprov Sumbar Kembangkan UMKM dan Ekonomi Syariah

Selasa 12 Apr 2022 22:11 WIB

Red: Hiru Muhammad

Peresmian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Sumbar akan mendorong UMKM Sumbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mendorong daya saing produk dan pemasaran UMKM di Sumbar melalui peningkatan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga menjadikan Sumbar berada di posisi 9 dari 34 Provinsi se-Indonesia, dalam laporan pengukuran daya saing digital Indonesia Tahun 2022, Maret lalu.

"Kita ingin bangkitkan gairah masyarakat dan bangga menggunakan produk lokal. Tidak ada pilihan lain, kita harus tingkatkan digitalisasi. Karena itu saya mengapresiasi komitmen Sumatera Barat sehingga bisa naik 3 peringkat dari sebelumnya. Semoga naik terus dan jadi bisa terdepan di Sumatera. Termasuk pengembangan internet di pedesaan yang akan mendorong ekonomi di daerah," ungkap Wapres Ma'ruf saat membuka secara resmi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat, di pelataran Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Selasa (12/4/2022) sore. 

Baca Juga

Selain itu, Ma'ruf Amin juga mengapresiasi upaya pengembangan ekonomi syariah di Sumbar. Menurutnya, Sumbar sebagai daerah yang sangat religius dengan falsafah ABS-SBK harus menjadi yang terdepan dalam ekonomi syariah. "Pembentukan zona kuliner halal akan turut mendorong pengembangan ekonomi syariah di Sumbar. Ibarat kalau dalam kaedah fikihnya, kalau tidak syariah itu sama saja dengan tidak ada," tegas Wapres.

Di akhir sambutannya, Wapres juga menghimbau para perantau dan pengusaha asal Sumbar yang sukses agar turut membantu mengembangkan sayap UMKM Sumbar. Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran sekaligus peresmian Gernas BBI oleh Wapres. Gubernur menyebut, upaya pemulihan sektor UMKM yang dihantam pandemi Covid-19 merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Sumbar.