Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tips Nyaman Berkendara Saat Bulan Ramadhan

Kamis 14 Apr 2022 21:45 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Meski sudah dirilis sebelumnya, mobil-mobil ini diprediksi tetap akan digemari konsumen dan pencinta otomotif (Ilustrasi mengendarai mobil)

Meski sudah dirilis sebelumnya, mobil-mobil ini diprediksi tetap akan digemari konsumen dan pencinta otomotif (Ilustrasi mengendarai mobil)

Foto: Needpix
Pastikan AC dingin dan sejuk sehingga nyaman dalam berkendara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalani aktivitas rutin di bulan Ramadhan dengan mengendarai mobil menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih nyaman karena adanya pendingin udara, mobil juga dinilai lebih efektif untuk menuju ke suatu tempat.

Oleh karena itu, menjaga kondisi mobil menjadi suatu keharusan. Mengutip Auto2000, berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi agar tetap prima selama bulan Ramadhan.

Baca Juga

Pastikan AC dingin dan sejuk

Pastikan sistem pendingin kabin mobil dalam kondisi dingin dan sejuk untuk memberikan rasa nyaman, terlebih ketika harus menghadapi kemacetan. Lakukanlah perawatan berkala ketika performa AC mobil dirasa sudah kurang maksimal.

Periksa mesin mobil

Kondisi mesin yang prima membuat hati tenang ketika mengemudi mobil. Pastikan oli mesin tidak kurang takarannya dan selalu diganti sesuai jadwal yang ditentukan.

Periksa pula suara mesin ketika dinyalakan di pagi hari, terutama jika ada suara aneh yang tidak biasanya atau lampu indikator di panel instrumen menyala.

Perhatikan kondisi ban

Jangan pernah bosan memeriksa kondisi ban mengingat tugasnya yang berat. Ban yang tidak dalam kondisi prima, seperti telapaknya sudah aus atau tekanan udaranya kurang, dapat menyulitkan di jalan. Bahkan jika dipaksakan dapat memicu kecelakaan.

Jaga kebugaran mobil

Kebugaran mobil juga wajib dijaga. Supaya mobil tidak dehidrasi, periksa cairan pendukung seperti air radiator, air wiper, minyak rem, dan cairan pendukung lainnya. Apabila sudah kotor, segera ganti dengan cairan baru untuk menjaga kualitasnya.

Ganti komponen yang rusak

Jangan biarkan komponen mobil yang rusak tidak diganti. Selain akan menyulitkan jika semakin rusa umumnya masalah akan menjalar ke onderdil lain yang masih sehat.

Seperti shock absorber yang rusak dapat membuat komponen kaki-kaki lain ikut rusak karena harus menopang kinerjanya. Jangan sampai biaya perbaikan justru melonjak akibat menunda mengganti suku cadang yang sudah tidak layak pakai.

Servis berkala di bengkel

Pemilik mobil dapat menjalankan perawatan berkala di bengkel atau memanggil petugas dengan layanan "home service". Teknisi akan memeriksa seluruh komponen mobil dan memastikannya layak pakai untuk memberikan rasa tenang kepada pengguna.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile