Jumat 15 Apr 2022 19:05 WIB

Dokter Jelaskan Bagaimana Kopi dan Teh Hitam Dapat Membuat Rambut Rontok

Kandungan teh hitam dan kopi dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Rambut rontok (ilustrasi). Kandungan teh hitam dan kopi dapat meningkatkan kadar zat besi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.
Foto: www.freepik.com.
Rambut rontok (ilustrasi). Kandungan teh hitam dan kopi dapat meningkatkan kadar zat besi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mengawali hari, kebanyakan orang akan meraih secangkir kopi atau teh terlebih dahulu. Meskipun itu mungkin memberi Anda dorongan energi, di sisi lain kebiasaan tersebut bisa merusak rambut.

Kandungan teh hitam dan kopi dapat meningkatkan kadar zat besi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Dr Sara Kayat menjelaskan kehilangan sekitar 100 hingga 150 helai rambut sehari adalah normal, tapi beberapa orang dapat kehilangan lebih banyak karena stres.

Baca Juga

Sebagian kasus kerontokan rambut akan berhenti setelah tingkat stres mereda. Tapi, itu nyatanya memang bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Dengan pemikiran tersebut, Dr Kayat mengatakan, Anda harus menghindari konsumsi kafein yang dapat menyebabkan rambut Anda rontok.

"Tahukah Anda, tanin dalam teh hitam dapat menghalangi penyerapan zat besi, yang dapat meningkatkan risiko kekurangan zat besi dan pada gilirannya menyebabkan kerontokan rambut?" ujar Dr Kayat, seperti dilansir laman The Sun, Kamis (14/4/2022)

Jika Anda seorang peminum teh hitam, cobalah dan kurangi asupannya. Bahkan, lebih baik kalau beralih ke teh hijau sebagai alternatif.

Kopi mengandung sekitar 4,6 persen tanin, sedangkan teh memiliki sekitar 11,2 persen tanin. Tanin adalah molekul yang menempel pada protein dan ditemukan di kayu pohon dan kulit kayu, buah-buahan mentah, dan daun tanaman.

Dr Kayat mengatakan, bukan hanya kekurangan zat besi yang dapat merusak rambut. Orang dengan intoleransi laktosa juga dapat menderita. Jika memiliki intoleransi terhadap laktosa, Anda harus mencoba dan menghindari produk yang mungkin membuat kumat untuk mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.

"Menjadi intoleransi laktosa sangat umum dan bagi mereka yang sensitif, makan makanan yang mengandung susu dapat memperburuk kondisi kulit seperti psoriasis, eksim, dan ketombe, yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan karena itu memengaruhi kesehatan rambut," paparnya.

Kulit kepala yang sehat sangat penting karena folikel yang terkena infeksi, ketombe, minyak, dan kotoran dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Tanda-tanda bahwa kulit kepala Anda mungkin tidak sehat, termasuk gatal-gatal, mengelupas atau berketombe, kemerahan, berminyak, dan bintik-bintik atau benjolan.

Sering kali, perubahan sederhana pada perawatan rambut biasa sudah cukup untuk mengatasi hal ini. Andaikan tidak demikian, Anda harus diperiksa oleh dokter.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هُوَ الَّذِيْٓ اَخْرَجَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِاَوَّلِ الْحَشْرِۗ مَا ظَنَنْتُمْ اَنْ يَّخْرُجُوْا وَظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ مَّانِعَتُهُمْ حُصُوْنُهُمْ مِّنَ اللّٰهِ فَاَتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوْا وَقَذَفَ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ يُخْرِبُوْنَ بُيُوْتَهُمْ بِاَيْدِيْهِمْ وَاَيْدِى الْمُؤْمِنِيْنَۙ فَاعْتَبِرُوْا يٰٓاُولِى الْاَبْصَارِ
Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat mempertahankan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah menanamkan rasa takut ke dalam hati mereka; sehingga memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangannya sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai pandangan!

(QS. Al-Hasyr ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement