Jumat 27 Aug 2010 02:32 WIB

Pasar Tumpah di Jalur Mudik Jabar akan Ditertibkan

Rep: C23/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Keberadaan pasar tumpah yang memakan sebagian badan jalan, kerap membuat kemacetan panjang. Hal inilah yang akan diantisipasi dalam pengamanan jalur mudik di Jawa Barat.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, menegaskan agar selama arus mudik dan balik berlangsung, seluruh pasar tumpah akan ditertibkan. Ia juga mengimbau kepada seluruh pemerintah kabupaten/ kota untuk melakukan pendekatan persuasif dalam menertibkan pasar tumpah agar tidak terjadi kericuhan.

''Semalam (25/8) saya telah berkoordinasi dengan Kapolda Jabar dan Pangdam Siliwangi terkait pengamanan jalur mudik, termasuk dalam permasalahan pasar tumpah. Karena merupakan salah satu sebab kemacetan,'' ujar Heryawan kepada para wartawan usai meresmikan Pasar Ramadhan di IBCC Bandung, Kamis (26/8).

Ia menilai, pasar tumpah telah mengambil sebagian badan jalan, sehingga arus kendaraan menjadi tersendat. Selain itu, lanjutnya, keberadaan sekelompok orang yang meminta sumbangan di tengah-tengah jalan, juga kerap menjamur pada saat arus mudik dan balik berlangsung. ''Pihak kepolisian akan menempatkan personelnya di titik-titik tersebut untuk meminimalisasi kemacetan panjang saat mudik berlangsung,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement