Rabu 04 May 2022 08:44 WIB

Dicap 'Jagoan Kampung', De Bruyne Ingin City Juara Liga Champions

Manchester City harus menyingkirkan Real Madrid di semifinal Liga Champions,

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne.
Foto: Martin Rickett/PA via AP
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Manchester City Kevin de Bruyne yakin tim asuhannya harus memenangkan Liga Champions untuk mematahkan anggapan bahwa mereka hanya mendominasi kompetisi domestik. Tim asuhan Pep Guardiola akan mencapai final kedua berturut-turut jika menyingkirkan Real Madrid di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB. City memegang keunggulan 4-3 dari leg pertama. 

Dalam dekade terakhir, City telah mengklaim lima gelar Liga Primer Inggris, Piala FA, dan enam Piala Liga. Namun Liga Champions tetap trofi utama yang harus mereka buru. City kering gelar juara kompetisi Eropa. Piala Winners 1970 tetap menjadi satu-satunya trofi Eropa mereka.

Baca Juga

"Saya pikir itu akan mengubah perspektif dari luar," kata de Bruyne dikutip dari Irish Times, Rabu (4/5/2022). "Sebagai pemain Anda ingin memenangkan trofi, dan kami ingin memenangkan yang satu ini. Fakta bahwa kami telah berjuang selama bertahun-tahun dan mencapai tahap terakhir berarti kami telah melakukannya dengan sangat baik," jelasnya.

Liga Champions merupakan kompetisi dengan kualitas yang sangat tinggi. Tim-tim top Eropa berebut memenangkannya. Menurut De Bruyne, jika melihat kembali cara City berlaga selama tujuh tahun ini, the Citizens telah melakukannya dengan sangat baik.

"Kami belum memenangkannya, tetapi memenangkannya akan mengubah narasi kecil itu," katanya.

Terlepas dari itu, De Bruyne menegaskan, tak berpikir juara Liga Champions mengubah perspektif tentang bagaimana ia melihat dirinya sebagai pemain. Ia mengaku paham apa yang telah ia lakukanm baik dan buruk dalam karienya.

"Saya cukup senang dengan apa yang telah saya lakukan. Saya ingin memenangkan setiap trofi yang bisa saya dapatkan tetapi itu tugas yang sulit. Saya jelas ingin memenangkan Liga Champions," jelasnya.

De Bruyne kemungkinan akan menjadi satu-satunya pemain City yang menjadi starter pada laga dini hari nanti, yang juga masuk dalam starting XI the Citizens yang kalah 0-1 dari Madrid pada leg kedua semifinal 2016. Ketika itu, Fernando mencetak gol bunuh diri yang menentukan.

"Saya pikir kami dalam kondisi yang lebih baik sekarang. Kami lebih siap sebagai tim dan bermain lebih baik dan memiliki lebih banyak pengalaman di tahap ini, jadi semoga kami akan lebih siap," kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ عَهِدَ اِلَيْنَآ اَلَّا نُؤْمِنَ لِرَسُوْلٍ حَتّٰى يَأْتِيَنَا بِقُرْبَانٍ تَأْكُلُهُ النَّارُ ۗ قُلْ قَدْ جَاۤءَكُمْ رُسُلٌ مِّنْ قَبْلِيْ بِالْبَيِّنٰتِ وَبِالَّذِيْ قُلْتُمْ فَلِمَ قَتَلْتُمُوْهُمْ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ
(Yaitu) orang-orang (Yahudi) yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada kami, agar kami tidak beriman kepada seorang rasul, sebelum dia mendatangkan kepada kami kurban yang dimakan api.” Katakanlah (Muhammad), “Sungguh, beberapa orang rasul sebelumku telah datang kepadamu, (dengan) membawa bukti-bukti yang nyata dan membawa apa yang kamu sebutkan, tetapi mengapa kamu membunuhnya jika kamu orang-orang yang benar.”

(QS. Ali 'Imran ayat 183)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement