Jumat 13 May 2022 13:48 WIB

RSUD Abdul Moeloek Siapkan Tim Kewaspadaan Tangani Hepatitis Akut

RSUD Abdul Moeloek terus meningkatkan kewaspadaan atas kejadian hepatitis akut

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung telah menyiapkan tim kewaspadaan untuk menangani hepatitis akut pada anak. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung telah menyiapkan tim kewaspadaan untuk menangani hepatitis akut pada anak. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung telah menyiapkan tim kewaspadaan untuk menangani hepatitis akut pada anak di lingkungan rumah sakit.

"Sementara ini kita masih terus meningkatkan kewaspadaan atas kejadian hepatitis akut yang menjangkiti anak," ujar Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, Lukman Pura, di Bandarlampung, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan sebagai langkah antisipasi RSUDAM telah membentuk tim di tingkat rumah sakit untuk penanganan kasus hepatitis akut tersebut. "Kami sudah bentuk tim di tingkat rumah sakit, jadi kalau ada kejadian yang tidak diinginkan bisa mengambil langkah antisipatif dan perawatan," katanya.

Selain membentuk tim penanganan, segala sarana dan prasarana juga telah disediakan sebagai langkah antisipasi. "Untuk sarana prasarana sudah disiapkan seperti Intensive Care Unit (ICU), ruangan perawatan, hingga rencana tindakan juga telah disiapkan," terang Lukman.

Menurutnya, untuk perawatan, diagnostik, dan pelaporan akan terus dikoordinasikan dengan rumah sakit lainnya, Dinas Kesehatan, dan organisasi profesi. "Tentunya karena spesifik penyakit ini belum diketahui dan banyak menjangkit anak, jadi langkah antisipasi dilakukan dengan hati-hati. Meski saat ini belum ditemukan anak yang terjangkit di lingkungan rumah sakit, kita akan tetap waspada dan bersiap-siap," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement