Senin 23 May 2022 13:41 WIB

NASA Ungkap Opsi Rencana Peluncuran Misi Bulan Artemis 1

Ada lebih banyak opsi peluncuran ke bulan hingga Juni 2023.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Rokel SLS NASA yang akan menjalankan misi Artemis 1 berada di landasan peluncuran
Foto: nasa
Rokel SLS NASA yang akan menjalankan misi Artemis 1 berada di landasan peluncuran

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) merilis semua peluang peluncuran yang dimiliki misi tersebut pada 2022. Roket bulan Artemis 1 dapat lepas landas untuk misi keliling bulan segera setelah 26 Juli, meskipun NASA telah merencanakan lusinan kemungkinan peluncuran antara saat itu dan 22 Desember. Ada lebih banyak opsi peluncuran ke bulan hingga Juni 2023.

Tanggal-tanggal ini mengasumsikan Sistem Peluncuran Luar Angkasa melewati wet dress rehearsal yang mensimulasikan operasi pengisian bahan bakar. Para teknisi sedang bekerja untuk mengatasi kebocoran hidrogen di bentuk pusat dan menemukan segel O-ring yang rusak yang menjalani penggantian.

Baca Juga

Berikut ini adalah tampilan jendela peluncuran yang tersisa pada 2022, dilansir dari Space, Ahad (22/5/2022). Semua tanggal setelah jendela 26 Juli hingga 10 Agustus didasarkan pada analisis awal dari faktor-faktor yang diperlukan untuk membuat peluncuran bergerak ke bulan dan kembali, dan dapat berubah.

“Selain peluang peluncuran berdasarkan mekanika orbital dan persyaratan kinerja, ada juga kendala operasional yang didorong oleh infrastruktur di Kennedy Space Center NASA di Florida,” catat NASA tentang tanggal peluncuran ketika dirilis pada 16 Mei.

Pada dasarnya, setiap pekan hanya memiliki tiga upaya peluncuran maksimum yang tersedia karena proses tanking tahap inti. Karena oksigen cair dan hidrogen cair dimuat ke tahap inti dan tahap atas pada hari peluncuran, para insinyur harus menunggu 48 jam untuk melakukan upaya peluncuran kedua.

Upaya ketiga harus menunggu 72 jam tambahan karena kebutuhan untuk memasok ruang penyimpanan kriogenik dengan lebih banyak propelan dari sumber terdekat. 

Kendala utama

NASA menguraikan empat kendala utama dalam hal perencanaan tanggal peluncuran, selain dari operasi pengisian bahan bakar. Yang pertama adalah memastikan bahwa bulan berada dalam jangkauan tahap atas roket SLS besar, yang akan melakukan injeksi trans-lunar untuk menggerakkan pesawat ruang angkasa Orion menuju bulan.

Orion kemudian akan terbang dalam orbit retrograde yang jauh. Retrograde berarti bahwa ia akan mengorbit bulan dalam arah yang berlawanan dengan di mana bulan berputar.

Kendala kedua adalah memastikan panel surya Orion tidak keluar dari matahari selama lebih dari 90 menit, sehingga pesawat ruang angkasa memiliki listrik yang cukup untuk beroperasi dan tetap pada kisaran suhu yang sehat. Dinamika orbital harus memperhitungkan posisi Bumi, bulan, dan matahari.

Kendala ketiga adalah memastikan Orion dapat melakukan “skip entry” saat kembali ke Bumi, yang hanya diperbolehkan dengan tanggal peluncuran tertentu. Orion akan menggunakan bagian atas atmosfer Bumi, bersama dengan gaya angkat bawaannya, untuk sedikit melambat sambil melompat keluar dari atmosfer untuk sementara waktu. Kemudian akan masuk kembali untuk turun terakhir dan splashdown.

Terakhir, Orion harus diluncurkan pada satu waktu untuk memungkinkan kondisi pemulihan siang hari setelah splashdown untuk membantu dalam operasi pemulihan. Ini akan menjadi sangat penting ketika orang-orang berada di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement