Selasa 24 May 2022 00:41 WIB

Startup Dagangan Perluas Pengiriman Barang ke Pelosok Desa

Dagangan berupaya membangun ekosistem digital terpadu lewat pengiriman same day

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Bisnis Rintisan atau Startup. E-commerce Dagangan, yang berfokus pada masyarakat rural atau pedesaan, memperluas layanan dengan adanya pengantaran hari yang sama (same day delivery). Hal ini dilakukan untuk mendukung akselerasi pemerataan perekonomian masyarakat pedesaan.
Foto: pixabay
Ilustrasi Bisnis Rintisan atau Startup. E-commerce Dagangan, yang berfokus pada masyarakat rural atau pedesaan, memperluas layanan dengan adanya pengantaran hari yang sama (same day delivery). Hal ini dilakukan untuk mendukung akselerasi pemerataan perekonomian masyarakat pedesaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- E-commerce Dagangan, yang berfokus pada masyarakat rural atau pedesaan, memperluas layanan dengan adanya pengantaran hari yang sama (same day delivery). Hal ini dilakukan untuk mendukung akselerasi pemerataan perekonomian masyarakat pedesaan. 

COO dan Co-founder Dagangan Willy Chandra mengatakan besarnya minat masyarakat terhadap pengalaman berbelanja yang lebih cepat dan efisien menjadi salah satu alasan perusahaan menghadirkan layanan ini. 

"Terutama bagi masyarakat yang tinggal di luar kota-kota besar, yang biasanya harus membayar ongkos kirim yang lebih besar dan menunggu barangnya datang lebih lama ketika belanja online," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (23/5/2022). 

Dia melanjutkan, adanya layanan tersebut, Dagangan ingin membangun ekosistem ekonomi digital terpadu, yang turut mempromosikan praktik perdagangan yang efektif dan berkelanjutan. Layanan same day delivery ini bisa langsung diakses oleh masyarakat di wilayah Bandung, Cileungsi, Padalarang, Sleman dan Solo. 

Ke depan, Dagangan menargetkan ekspansi layanan ini hingga kabupaten-kabupaten di wilayah Karawang, Yogyakarta, Bogor, Kudus, dan Tegal. Sejak pertama diluncurkan 2018, sudah lebih dari 17.000 pengguna telah mendaftar untuk dapat turut merasakan manfaat layanan ini.

“Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk dapat belanja secara online dan langsung memperoleh barang belanjaan mereka di hari yang sama, jika pemesanan dilakukan sebelum jam 12 siang. Mereka juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim jika melakukan transaksi di atas Rp 150.000,” ucapnya.

Layanan same day delivery juga diperkenalkan kepada masyarakat dengan melihat pertumbuhan bisnis Dagangan yang cukup signifikan hingga akhir kuartal I 2022. Willy mengaku, Dagangan telah berhasil mencetak pertumbuhan bisnis hingga lima kali lipat sejak menerima pendanaan Seri A pada akhir 2021, dengan lebih dari 30.000 pengguna telah bergabung dalam ekosistem Dagangan.

Peningkatan bisnis ini juga diiringi dengan perkembangan perusahaan yang saat ini telah memiliki 120 karyawan yang tersebar di berbagai daerah, baik di dalam maupun di luar negeri. Tercatat pertumbuhan karyawan pada kuartal I 2022 sebesar 30 persen. Dagangan juga akan membuka lapangan pekerjaan dan menambah setidaknya 100 karyawan baru hingga akhir tahun ini.

“Pertumbuhan ini akan menjadi semangat kami untuk terus menghadirkan inovasi yang berkelanjutan dan mumpuni bagi masyarakat. Dari sini, kami berniat untuk melakukan ekspansi bisnis dan teknologi kami keluar pulau Jawa dengan harapan lebih banyak lagi masyarakat dapat menikmati layanan yang kami hadirkan. Dengan begitu, pemerataan ekonomi akan semakin cepat terealisasi,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement