Rabu 25 May 2022 05:53 WIB

Ilmuwan Sebut Planet Raksasa Mungkin 'Kacaukan' Orbit Planet Pinggir Tata Surya

Jupiter, Neptunus, Saturnus dan Uranus memiliki orbit lonjong.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orbit planet tata surya yang saat ini tampaknya stabil disebabkan karena planet-planet telah menetap di dalamnya selama miliaran tahun. Tata surya awal adalah dunia yang sangat berbeda dari apa yang kita lihat sekarang.

Kini ilmuwan memiliki gagasan bagaimana planet-planet besar di tata surya terluar memiliki orbit seperti apa yang diamati sekarang. 

Baca Juga

Menurut gagasan ini, planet raksasa gas yang sekarang berada di pinggiran tata surya (Jupiter, Neptunus, Saturnus dan Uranus) mengorbit matahari lebih dekat dan dalam orbit yang lebih melingkar ketika pertama kali terbentuk. 

Namun, sesuatu dalam sistem menyebabkan ketidakstabilan, dan planet-planet itu terlempar ke orbit yang jauh lebih tidak teratur dan lonjong yang kita amati hari ini. Tetap menjadi misteri tentang apa yang menciptakan anomali itu.

Para peneliti dari Michigan State University, Zhejiang University, dan University of Bordeaux percaya mereka telah menemukan jawaban dari misteri itu.

Model Nice, dinamai berdasarkan lokasi di Prancis di mana ia pertama kali didirikan pada tahun 2005, sekarang menjadi model terbaik yang dimiliki para ilmuwan untuk kelahiran tata surya. 

Model Nice asumsikan Tata Surya memiliki 5 planet raksasa

Di tata surya awal, raksasa gas duduk di awan berdebu di sekitar matahari yang baru lahir dalam orbit hampir melingkar. Debu di piringan bintang mulai berhembus saat matahari meletus. 

Sebagian dari debu itu berhembus melewati orbit raksasa gas, menciptakan ketidakstabilan yang diamati oleh model Nice. Namun, pengembangan konsep para peneliti membahas beberapa masalah dengan model Nice. 

Misalnya data dari sampel bulan, menunjukkan jalur yang jauh lebih cepat menuju ketidakstabilan ini daripada yang disarankan oleh model Nice yang asli. Rute sulit ketidakstabilan selama ratusan juta tahun itu dipersingkat menjadi skala waktu beberapa juta tahun dengan model penguapan awan debu "luar-dalam" yang dimodifikasi ini, yang berkorelasi jauh lebih baik dengan bukti saat ini.

Namun, itu bukan satu-satunya data yang sesuai dengannya. Model Nice sebagian mengakibatkan kontroversial, karena menunjukkan kemungkinan planet kesembilan di tata surya awal dan itu bukan Pluto. 

Planet 9 (atau Planet X) yang merupakan favorit banyak pengamat langit, telah mendapatkan lebih banyak perhatian sejak penelitian Caltech pada tahun 2015, menemukan sesuatu yang besar bersembunyi sekitar 50 miliar mil jauhnya dari Matahari.

Model Nice asli bekerja lebih baik dengan lima planet dalam raksasa gas. Namun, salah satu planet itu dikeluarkan ke ruang antarbintang dalam perhitungan itu. 

Dalam model yang dimodifikasi, hasil dari penyelarasan orbit planet pada dasarnya hampir sama “apakah ada empat atau lima raksasa gas awal dalam sistem”. Namun, mereka mencerminkan kenyataan sedikit lebih baik jika hanya empat planet yang awalnya diperkenalkan ke dalam model.

Seperti banyak teori, model baru ini berpotensi mengubah pengetahuan kita tentang pembentukan tata surya awal dan menyelesaikan perdebatan lama tentang apa yang menyebabkan ketidakstabilan yang menciptakan tetangga planet kita. 

Namun, pada akhirnya, bahkan model baru ini harus memiliki bukti, dan masih banyak data yang harus dikumpulkan sebelum seluruh kisah awal tata surya kita terungkap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement