Jumat 27 May 2022 05:15 WIB

Kemenhub Luncurkan Nadiworld untuk Keselamatan Pelayaran

Nadiworld digagas oleh Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah penumpang kapal tib di pelabuhan (ilustrasi). Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan inovasi program Navigation in Digital World (Nadiworld).
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Sejumlah penumpang kapal tib di pelabuhan (ilustrasi). Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan inovasi program Navigation in Digital World (Nadiworld).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan inovasi program Navigation in Digital World (Nadiworld). Nadiworld yang digagas oleh Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok merupakan salah satu inovasi di bidang kenavigasian yang bertujuan untuk mengawal keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.

"Nadiworld ini lahir seiring dengan semangat hospitable spirit dan kebijakan pemerintah dalam menyikapi perkembangan teknologi digital serta perkembangan globalisasi dan terus berbenah melakukan peningkatan-peningkatan dalam penyelenggaraan tugas fungsi serta pelayanan publik," kata Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hengki Angkasawan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (26/5/2022). 

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi mengungkapkan akan meningkatkan kewaspadaan, kemanfaatan data, dan informasi yang dikelola dalam pengoperasian Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS. Raymond menuturkan Nadiworld juga dapat memudahkan pelaksanaan pelaporan, monitoring kinerja, kecepatan respons. 

“Ini bisa meninhkatkan dalam penyelenggaraan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran serta pelayanan Telekomunikasi Pelayaran khususnya yang berimplikasi pada Penerimaan Negara Bukan Pajak," ujar Raymond.

Raymond memastikan peningkatan pelayanan tersebut akan terus bergulir. Raymond memastikan penyempurnaan sistem juga dilaksanakan secara konsisten seiring dengan perkembangan maupun kebutuhan pelayanan.

Raymond menegaskan,uoaya-upaya tersebut dilakukan untuk masyarakat khususnya masyarakat maritim dan dunia pelayaran. Dia menilai manfaat maksimal dari sistem dan pelayanan yang disiapkan oleh pemerintah melalui Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok hanya dapat dicapai melalui komitmen bersama.

"Kami yakin, melalui kebersamaan, kolaborasi dan kimitment semua pihak, digitalisasi di bidang pelayanan kenavigasian akan memberi manfaat yang besar bagi kepentingan publik dan kepentingan negara," ungkap Raymond. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement