Selasa 31 May 2022 19:02 WIB

Puskesmas Mampang Beri Layanan Prioritas Pasien Lansia di Kota Depok

Dengan menggunakan sepeda motor, pasien diantar oleh petugas puskesmas ke rumah.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Puskesmas Cilodong di Kota Depok, Jawa Barat, memberikan layanan prima bagi pasien (ilustrasi).
Foto: Dok Pemkot Depok
Puskesmas Cilodong di Kota Depok, Jawa Barat, memberikan layanan prima bagi pasien (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Salah satu puskesmas di Kota Depok, yakni Puskesmas Mampang memiliki satu program unggulan, yaitu mengunjungi langsung pasien berusia lanjut (lansia) ke rumahnya. Program itu diadakan guna mewujudkan pelayanan kesehatan ramah lansia di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas.

Kepala Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Wulandari menyampaikan, pihaknya membuka pelayanan pasien lansia prioritas. Layanan itu bertujuan untuk memudahkan pasien yang berusia lanjut mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

"Kami mengunjungi satu per satu rumah warga usia lanjut yang membutuhkan pengobatan, namun tidak dapat pergi ke Puskesmas," ujar Winarni saat ditemui di Puskesmas Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (31/5/2022).

Menurut Winarni, tidak hanya berkunjung, petugas juga memberi layanan prioritas bagi pasien lansia berupa pengantaran pasien sampai ke rumah. Dengan menggunakan sepeda motor, sambung dia, pasien diantar oleh petugas puskesmas. "Pelayanan ke rumah pasien itu berupa pemeriksaan kesehatan dan pengantaran obat secara rutin," jelasnya.

Winarni menerangkan, program itu bekerja sama dengan kader kesehatan, warga, dan ketua RT-RW setempat. Kegiatan layanan prioritas rutin dilakukan, terutama bagi warga yang memang membutuhkan penanganan atau tindakan medis dengan segera. "Selama pandemi kemarin agak dibatasi kegiatannya untuk mencegah penularan," terangnya

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement