Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

AS Janji Tuntut Tanggung Jawab Kematian Shireen Abu Akleh Sesuai Fakta

Rabu 08 Jun 2022 05:54 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Shireen Abu Akleh

Shireen Abu Akleh

Foto: Tim infografis Republika
Penyelidikan Palestina mengatakan seorang tentara Israel menembak mati Abu Akleh.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berjanji menuntut pertanggungjawaban atas pembunuhan jurnalis Aljazirah, Shireen Abu Akleh sesuai fakta yang mengarah kemanapun. Pernyataan AS muncul di tengah perselisihan sengit antara otoritas Israel dan Palestina mengenai kematian Abu Akleh.

 

Jurnalis Palestina-Amerika itu terbunuh pada 11 Mei ketika ia sedang meliput operasi tentara Israel di kamp Jenin di utara Tepi Barat. Hadir di forum jurnalis mahasiswa di sela-sela KTT Amerika Latin di Los Angeles pada Selasa (7/6/2022) waktu setempat, Blinken dihadapkan pada pertanyaan tentang dampak bagi Israel sebagai sekutu AS atas kematian Abu Akleh.  

Baca Juga

"Maaf, dengan hormat, itu belum ditetapkan," kata Blinken tentang fakta di balik kasus tersebut seperti dikutip laman Channel News Asia, Rabu (8/6/2022).

"Kami mencari investigasi yang independen dan kredibel. Ketika investigasi itu terjadi, kami akan mengikuti fakta, ke mana pun mereka mengarah. Sesederhana itu," imbuhnya.

Blinken juga telah berbicara dengan keluarga Abu Akleh. "Saya menyesalkan hilangnya nyawa Shireen. Dia adalah seorang jurnalis yang luar biasa, seorang warga negara Amerika," kata Blinken.

Penyelidikan oleh Palestina mengatakan bahwa seorang tentara Israel menembak mati Akleh yang dikatakan sebagai kejahatan perang. Sebuah laporan CNN, mengutip saksi, juga mengatakan bahwa jurnalis terkenal itu telah terbunuh dalam serangan yang ditargetkan oleh pasukan Israel.

Israel membantah tuduhan itu dan mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki. Pihak lepolisian Israel juga meminta Palestina untuk mengambil bagian dalam penyelidikan bersama.

Pihak berwenang Israel telah membalas bahwa Abu Akleh bisa saja terbunuh oleh tembakan nyasar dari seorang pria bersenjata Palestina di daerah itu atau secara keliru oleh seorang tentara Israel. Puluhan anggota parlemen dari Partai Demokrat Blinken telah meminta FBI untuk memimpin penyelidikan untuk mencari temuan yang tidak memihak atas kematiannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile