Rabu 15 Jun 2022 03:30 WIB

Cegah Penghinaan Simbol-Simbol Islam, Umat Perlu Bersatu

Saat ini banyak kasus terjadi yang menyudutkan islam dan umatnya

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Islamofobia Melonjak, 30 Makam Muslim di Jerman Dirusak
Foto:

Menurut dia, kurangnya mekanisme politik yang mewakili kepekaan dunia Muslim adalah inti masalahnya. Namun, terkadang peristiwa permusuhan seperti itu dapat berubah menjadi peristiwa yang mengarah pada kebaikan.

Aktay mengatakan, BJP memberikan tanggapan tidak terduga terhadap semua reaksi ini. Kemudian membuat pernyataan bahwa partai menghormati semua agama dan bahwa mereka menentang kekerasan terhadap ideologi apa pun yang menghina agama. Pernyataan ini diikuti dengan pengumuman bahwa posisi Sharma sebagai juru bicara partai ditangguhkan, sementara Ketua media sosial New Delhi Jindal diberhentikan dari partainya.

 Dia mengungkapkan, meskipun negara-negara seperti Arab Saudi dan Bahrain tidak mengutuk pernyataan ini semenjak awal, mereka menyatakan kepuasannya dengan pemecatan. Dengan demikian, dunia Muslim menunjukkan sikap bersama yang luar biasa, bersama dengan rakyat dan negara serta membuat India mundur.

"Terus terang, peristiwa ini seharusnya menjadi contoh bagi dunia Islam untuk mengembangkan suasana politik baru dalam mendekati berbagai hal lainnya. Saat ini, darah Muslim adalah yang 'paling murah' dan paling mudah tumpah di seluruh dunia. Hak yang paling mudah dilanggar adalah hak asasi umat Islam. Namun, mereka yang menumpahkan darah Muslim, yang melanggar hak-hak Muslim lebih dari negara lain adalah negara Muslim sendiri. Darah Muslim ditumpahkan di Suriah, Yaman, Libya, dan Irak, bukan oleh penguasa negara lain, tetapi karena perselisihan di antara negara-negara Muslim itu sendiri," papar Aktay. 

Di samping itu, Persatuan Cendekiawan Muslim Dunia mengadakan Simposium Turkistan Timur tiga hari pada 10-12 Juni di Istanbul. Mereka membahas semua aspek pelanggaran hak asasi manusia China yang intens terhadap Muslim di Turkistan Timur. 

"Negara-negara Muslim berpotensi sangat kuat. Cina membutuhkan negara-negara ini lebih dari mereka membutuhkan Cina. Tapi entah mereka tidak menyadari hal ini, atau mereka tidak mampu menunjukkan sikap bersama yang kuat. Negara-negara Teluk, negara-negara Muslim di Afrika Utara, dan Asia adalah target sekutu yang sangat diperlukan bagi China, yang saat ini sedang mengupayakan pembentukan dunia baru," ucap Aktay.

Aktay mengatakan, China memiliki teorinya sendiri terkait isu Uighur, namun teori tersebut tidak mengubah fakta bahwa ada pelanggaran HAM sistematis yang tak terbantahkan. Jika masalah ini setidaknya menjadi pokok masalah dalam hubungan, China akan mempertimbangkan untuk meninjau kebijakannya dalam hal ini.

 

"Tentu saja, dunia Muslim pertama-tama perlu mengembangkan kemauan bersama, kepekaan, dan kerja sama di antara mereka sendiri mengenai masalah ini. Dunia Muslim mungkin tetap berselisih mengenai hal-hal tertentu, tetapi jika mereka bersatu dalam beberapa hal lain, mereka akan membentuk kekuatan sanksi yang tidak dapat diabaikan oleh siapa pun. Jika mereka ingin melihat kemungkinan hasil positif dari poros ini, mereka harus mendengarkan suara-suara yang diangkat dalam Simposium Internasional Turkestan Timur Internasional Pertama Persatuan Cendekiawan Muslim Dunia di Istanbul," kata Aktay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement